Minggu, 20 Oktober 2019

Pengawas Pendidikan Dasar Gelar Supervisi Managerial, Akademik Di SD Inpres Panaikang 1/1 (Hasil Regruping)

Sabtu, 2019/10/19 09:48

BN Online, Makassar -- Dalam rangkah untuk memberikan pemahaman serta meningkatkan Kompetensi Profesionalisme para guru pendidikan tingkat dasar, pengawas pendidikan Disdik Kota Makassar, Dra.Salma.M,Pd melakukan supervisi managerial dan akademik di SD Inpres Panaikang 1/1 hasil Regruping Sabtu, 2019/10/19 09:53. 

Dalam kegiatan supervisi yang langsung turun kelapangan tersebut nampak pengawas sedang melakukan supervisi dengan melakukan pendekatan pada seluruh guru kelas dan bidang sudy.

Terkait supervisi manajerial, pengawas  memeriksa kelengkapan administrasi guru disemua bidang mata ajar seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Kisi-kisi, evaluasi perbaikan, penilaian dan membimbing laporan kegiatan semester.

Usai memberikan pemahaman pengawas langsung mengarahkan  seluruh guru menuju keruang kelas masing-masing untuk melihat proses belajar mengajar sesuai dengan standar nasional.

Ditemui di ruang kantornya Drs. Sahabuddin selaku kepsek menjelaskan tujuan diadakan supervisi ini adalah untuk melakukan pembinaan serta melakukan pengawasan pada guru terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran.

Lanjutnya ada dua yang dilakukan pengawas terkait dengan kegiatan supervisi ini yakni supervisi managerial dan supervisi akademik yang mana supervisi manajerial terkait dengan kegiatan pemantauan, pembinaan dan pengawasan terhadap kepala sekolah dan seluruh elemen sekolah lainnya di dalam mengelolaan administrasi dan melaksanakan seluruh aktivitas sekolah, sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan sekolah serta memenuhi standar pendidikan nasional.

Sementara supervisi akademik yang  berkenaan dengan tugas pengawas itu sendiri untuk membina guru dalam meningkatkan mutu pembelajarannya, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (Sy@h)