Rabu, 15 April 2020

Ditengah Darurat Covid-19, Disdag : Lotte Mart Tak Lakukan PHK Gaji Karyawan Tetap Jalan

Tags



BN Online, Makassar---Krisis ekonomi yang diakibatkan dari pandemi corona, membuat sejumlah pengusaha tutup toko dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawannya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Muh. Yasir menilai kondisi tersebut adalah imbas dari pandemi yang masih terus berlangsung.

Untuk itu, pihaknya tetap memberikan izin kepada pengusaha untuk tetap beroperasi hingga pukul 12.00 Wita. Hal itu, kata dia, sebagai bentuk antisipasi untuk mencegah penularan.

“Usaha tetap jalan, tapi kita batasi waktunya, dan saat ini, itu jalan terbaik yang bisa kami tempuh,” kata Muh. Yasir, Rabu,  (15/4-2020).

Yasir mencontohkan, beberapa sektor ritel, seperti Lotte Mart yang berada di Panakkukang Mall masih beroperasi dan melaksanakan prosedur pemutusan mata rantai Covid-19.

“Mereka tidak melakukan PHK, gaji karyawan tetap jalan,” pungkasnya.
Sementara, Kepala Toko Lotte Mart Panakkukang, Hanif mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mempekerjakan semua karyawannya. Bahkan, pihaknya juga telah menjalankan UKM sejak Januari 2020.

“Penyesuaian gaji management tetap dijalankan walau dirapel bulan April nanti,” kata dia, Rabu, (15/4-2020).

Kendati sektor ritel lesu, Lotte Mart tetap tetap memberikan bonus kepada karyawannya. Dengan catatan, bila pencarian profit dan sales terpenuhi.
“Pemberian jatah makan masih diberikan setiap hari di kantin karyawan,” ungkapnya.

Bahkan, kata dia, dengan adanya pandemi ini, pihaknya memberikan makanan tambahan kepada setiap karyawan berupa susu, telur, vitamin C, air jahe dan lain-lain senilai Rp 4.000 per hari.