Sabtu, 27 Februari 2021

Peringati HPSN 2021, SD Inpres Antang 1 Makassar, Kampanyekan Pengurangan Penggunaan Sampah Pelastik Sekali Pakai

Tags

Sabtu, 2021/02/27 13:34.Wita

BN Online, Makassar ---Sampah plastik merupakan menjadi masalah yang sangat serius saat ini, dimana negara kita menjadi negara peringkat ke dua penghasil sampah plastik di laut. Oleh karna itu kita perlu untuk selalu mengingatkan kepada diri sendiri, kepada peserta didik dan kepada seluruh warga sekolah tanpa terkecuali untuk senantiasa menerapkan "PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN HIDUP dalam beraktifitas setiap hari".


"Ahad 21 pebruari merupakan HARI PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL untuk mengenang tragedi longsor sampah yang terjadi di TPA Leuwigajah kota cimahi, jawa barat,". Demikian dikatakan oleh Hj. Rosmiati.S, Pd, KA UPT SPF SDI.Antang 1 dalam pesan tertulisnya pada Bidik Nasional, Sabtu (2021/02/27) 13:44. WITA.


Sehubungan dengan hal di atas, lanjut Hj. Rosmiati katakan, telah menekankan dan menghimbau kepada seluruh wali kelas untuk mengarahkan siswa/I nya untuk memperingati Hari Peduli Sampah Tahun 2021 ini dengan beragam cara.

Berikut beragam cara yang dilakukan oleh siswa UPT SPF SDI.Antang 1 dalam rangka peringati HPSN 2021 diantaranya,
1.Peserta Didik menonton video sejarah HPSN di link berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=IHSSPHzxEF4
2.Setelah menonton video sejarah HPSN peserta didik membuat kampenye video dengan konsep sebagai berikut :
a. Kelas I & II, membuat video upaya pengurangan penggunaaan sampah plastik sekali pakai (Upaya Reduce), misalnya,  membuat video belanja di pasar dengan membawa tempat dari rumah sehingga tidak menggunakan plastik sekali pakai.
b.Kelas III & IV membuat video  upaya penggunaan ulang barang yang sudah di pakai (upaya Reuse), Misalnya membuat pot bunga dari botol plastik.
c. Kelas V & VI  membuat video  upaya daur ulang sampah yang sudah di pakai (upaya Recycle), Misalnya membuat patung dari kertas kartun bekas.
3.Di akhir video siswa melakukan kampanye dengan mengajak masyarakat agar selalu menerapakan pola hidup minim sampah.
4.Video di upload di akun Facebook/Intagram masing-masing dengan men-tag akun resmi sekolah (facebook : SD Inpres Antang I/Instagram: sdiantang1). (Sy@h...)