Senin, 15 Februari 2021

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Bupati Bantaeng Resmikan Gedung Baru Puskesmas Dampang

Tags

 

BN Online Bantaeng, - Dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya serta pembangunan sarana kesehatan untuk menunjang produktivitas warga secara sosial dan ekonomis, baru saja dilaksanakan peresmian gedung baru Puskesmas Dampang sekaligus Launching Inovasi “Cetar Pelipur Lara” (cek tekanan darah rutin dan pelayanan paripurna lansia sejahtera) serta penetapan Puskesmas Dampang, Kecamatan Gantarangkeke menjadi Puskesmas Rawat Inap, Senin 15 Februari 2021


Dengan diresmikannya gedung baru ini, maka Puskesmas Dampang yang dulunya hanya melayani pasien rawat jalan berubah status menjadi Puskesmas rawat inap, sebagai langkah guna lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan di Kecamatan Gantarangkeke.


Rini Darmayanti, selaku Kepala Puskesmas Dampang melaporkan bahwa Pemerintah Kab. Bantaeng telah merenovasi gedung ini pada tahun 2020 lalu melalui anggaran dana DAK sebesar 2 milyar lebih. Disebutkannya bahwa Puskesmas harus menjadi bagian dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.


“Pembangunan pelayanan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis”, ujar Kapus Dampang


Sementara itu, Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin yang hadir langsung meresmikan gedung baru Puskesmas Dampang, dalam sambutannya menyampaikan harapan agar dengan hadirnya gedung ini, dapat semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta mampu menjadi ujung tombak dalam mewujudkan tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan di bidang kesehatan.


“Saya juga berpesan kepada para tenaga medis agar memberikan pelayanan maksimal kepada pasien dan terkhusus kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan keberadaan gedung baru Puskesmas Dampang ini serta menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya”, kata Bupati.


Persemian gedung juga dirangkaikan dengan launching Inovasi “Cetar Pelipur Lara” (cek tekanan darah rutin dan pelayanan paripurna lansia sejahtera). “Cetar” bertujuan agar masyarakat mengetahui informasi hipertensi serta kepatuhan dalam mengkonsumsi obat anti Hipertensi. Sedangkan “Pelipur Lara” adalah memberikan pengobatan dan perawatan pada Lansia baik di Faskes mauoun di rumah agar kelak di hari tuanya menjadi sehat, produktif dan sejahtera.


Turut hadir antara lain Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin, Kapolres Bantaeng, Rachmat Sumekar, Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa, Kajari Bantaeng, Dedyng Attabay, serta para Kepala Dinas terkait di lingkup Pemkab Bantaeng.


Editor | BN Online Sul Sel | Edhy