Jumat, 27 Mei 2022

Siapakan Anak Didik Ikut Lomba Dan Berpreatasi, SDN. Sunter Agung 05, Jakarta Utara Menggiatkan Ekstrakurikuler

Tags



BN Online, Jakarta Utara - SDN 05 Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara menyiapkan anak-anak didiknya untuk mengikuti lomba dan berprestasi melalui kegiatan ekstra kurikuler (Ekskul). 


Kegiatan Ekskul yang dilaksanakan sekali 

seminggu di SDN. 05 ini menurut koordinatornya, Sri Sukesih, S.Pd. SD bertujuan untuk menyiapkan anak-anak dalam lomba O2SN dan FL2SN yang diadakan oleh dinas pendidikan setiap tahunnya. 


Selain itu pihak sekolah mendorong agar anak-anak siswanya bisa berprestasi sehingga pada saat mendaftar ke jenjang pendidikan lanjutan bisa melalui jalur prestasi. 


"Begitu pula anak-anak siswa membutuhkan prestasi untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, bisa daftar sekolah lewat jalur prestasi. Dalam hal ini sudah ada anak dari SDN SUNTER AGUNG 05 yang sudah masuk SMP dengan jalur prestasi tahun kemarin dimana anak siswa tersebut menang lomba juara 2 menulis cerpen tingkat kota, makanya diadakan ekskul," tutur Sri saat dihubungi via whatsapp, kamis, 26/5/2022.


Terkait pilihan jenis ekskulnya, dikatakan Sri, pìhak sekolah yang menentukannya dan diikuti oleh anak-anak siswa dengan antusias mulai dari Kelas 3 sampai kelas 6.


"Adapun saat ini ekskul yang sudah berlangsung adalah Pramuka siaga dan penggalang, menari, silat, serta pantomim dengan menggunakan dana Biaya Operasional Pendidikan (BOP)," pungkas Sri. 




Salah seorang peserta Pantomim, Riski, kelas 5, yang tengah mengikuti latihan hari ini, kamis, 26/5/2022 mengemukakan alasannya ikut ekskul Pantomim tersebut. 


"Senang dan juga biar ada kegiatan daripada di rumah aja,"ujar Riski di depan jurnalis Bidik Nasional. 


Senada dengan Riski, Rai ikut ekskul Pantomim karena senang dan ingin ada ke

giatan dan menurutnya Pantomim itu lumayan, tidak terlalu sulit. dengan instrukturnya, Adriansah yang berlatar belakang seni teater ini sudah menggeluti dunia pantomim sejak 2016 dan masih aktif di komunitas Rumput di Jakarta Pusat. 




Sementara Dela yang ikut ekskul tari mengaku pernah ikut les tari sebelumnya dan Muti yang ingin jadi penari juga sudah pernah ikut ekskul tari saat masih di kelas 3 dan masing-masing merasa senang mengikuti ekskul tari ini  


Dari pantauan media ini, Instruktur ekskul tari, Audrey yang masih kuliah di UNJ jurusan tari, semester 6 ini, mengaku sejak SD sudah senang dan hobby menari, telaten mengajari anak asuhnya. 

"Hobby dan sejak kecil dah senang nari-nari gitu," ujar Audrey yang kini punya sanggar tari di Depok berkolaborasi dengan 3 teman lainnya. 


Ekskul Tari dan Pantomim pada hari Kamis ini berlangsung di 2 tempat yaitu untuk Pantomim di musholla sekolah dan tari di ruang kelas, semoga pemerintah bisa lebih memperhatikan sekolah yang dikepalai oleh Juju Jumiati, S. Pd. SD, ini agar bisa lebih cepat direnovasi sehingga kegiatan-kegiatan ekskulnya bisa terakomodasi pada ruang khusus kegiatan ekskul. (dar).