Minggu, 03 Juli 2022

Bersama Ibu PKK Simpang Tiga Uning,Mahasiswa KKN Mengolah Rebung(tuis)Menjadi Keripik.

Tags

Bersama Ibu PKK Simpang Tiga Uning,Mahasiswa KKN Mengolah Rebung(tuis)Menjadi Keripik.
BN Online ; Aceh Tengah-USK.KKN Universitas Syiah Kuala Banda Aceh di Kampung simpang tiga Uning Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah,melalui KKN Kolaborasi dan KKN Reguler Periode XXI kita tingkatkan pengembangan potensi Green Economy dan Masyarakat bebas Stunting,disampaikan kemedia ini 3/7/2022.

Tambahnya lagi Mahasiswa KKN dan Ibu-ibu PKK kampung simpang tiga Uning.1.Sadariah.2.Hanifah.3.Ramadani.4.Nurmala.5.Wulan Wada Sari.6.Fatmawati.7.Maryani.8.Rahmayati.9.Fitiani.10.Rita Armina. mengolah rebung atau pun tois sebutan Gayo menjadi keripik, Rebung adalah tunas atau anakan yang masih muda yang tumbuh dari akar bambu.masyarakat gayo maupun di luar gayo umumnya memanfaatkan rebung bambu sebagai bahan makanan. Rebung bambu termasuk salah satu sayuran yang disukai banyak orang karena teksturnya yang renyah dan rasa manis serta aroma khas.

Rebung yang sering di olah menjadi makanan lauk pauk sayur,kini salah satu Mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Fakultas Pertanian asal Bener Meriah Kecamatan Bandar Pondok baru,yang bernama Lungun Penalu berserta rekan-rekannya dari Mahasiswa KKN membuat rebong bambu menjadi keripik paparnya.
Adapun cara pengolahannya rebung berbahan rebung bambu,dengan pengolahan:1.rebus di iris-iris kecil.

2.rebus yang sudah di iris-iris lalu masukan ke dalam blender untuk mengilangkan pahit yang berasal dari bambu.

3.setelah di blender seperti adonan cair,dicampur dengan tepung tapioka secukupnya(sesuai dengan banyaknya rebung yang di blender).

4.setelah dicampur menjadi seperti adonan kue,di bentuk segi empat.

5.selanjutnya direbus Yang sudah menjadi adonan seperti kue sampai benar-benar matang luar dan dalam.

6.setelah di rebus masukan kedalam kulkas Sampai benar-benar mengeras agar dapat di iris-iris kecil,di jemur sekitaran 2-3 jam agar teksturnya gurih saat dan mudah di goreng.tutupnya.


Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni