Selasa, 25 Agustus 2020

Abd Azis dan Sukarman Sosok Tim Juri Profesional Dalam Pentas Musik Tradisional

Tags


BN.Online Bantaeng, - Pentas Seni Musik Tradisional yang dilaksanakan oleh Seniman Celebes Nusantara atau disingkat SCN, mengangkat musik tradisional yang sudah hampir punah,kini musik seperti tanjidor, gambus, kecapi dan rebana di perlombakan pada hari ini selasa 25 Agustus 2020,di halaman Balla Lompoa, Jalan Dr. Ratulangi Bantaeng, Sulawesi Selatan. 

Kembalikan Kejayaan Musik Tradisional sebagai Khasanah Budaya Bangsa ini adalah tema yang diambil oleh Seniman Celebes Nusantara. 

Pentas Seni Tradisional ini sempat tertunda akibat adanya kendala dan hari ini telah terlaksana dengan hasil yang memuaskan, apalagi Juri yang kami hadirkan adalah Juri yang profesional dan punya intergritas yang tinggi". Ucap Rola Batara Ketua Panitia Pelaksana ke awak media ini 

Tim Juri ini tidak asing lagi di Seniman musik Kabupaten Bantaeng, Abd Azis adalah salah satu sesepuh pencak silat IPSI di bantaeng, menurut Opa sapaan akrabnya ini, "seni itu bukan di lihat dari banyaknya uang tapi seni adalah lahir dari hati nurani yang paling dalam".Ungkap Opa saat berikan kriteria tentang musik gambus, kecapi, rebana, dan tanjidor saat mengumumkan siapa Juara pertama. 

Lain halnya dengan Sukarman Spd salah satu guru olahraga, dianya mengatakan bahwa, "saya sangat bangga dengan adanya Seniman Celebes Nusantara  yang menghadirkan nuansa musik tradisional dan ini baru pertama kali di bantaeng di tampilkan, apalagi SCN ini terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM".Ucap Sukarman sebagai tim Juri. 

Lebih lanjut Sukarman mengungkapkan bahwa, "Semoga kedepannya SCN selalu mengangkat musik turiolo ( Musik  Orang Dulu ),agar anak -  anak kita sekarang ini bisa mengenal musik tempo dulu".

Pentas Seni Musik Tradisional yang turut  hadir saat ini Abdul Wahab Sekda Bantaeng yang mewakili Bupati Bantaeng, Dandim 1410 Bantaeng, Kadis Pendidikan, Kadis Pariwisata, Kadis Kesehatan, Ketua Umum SCN, dan para peserta lomba. 

Editor |BN.Online Sul Sel |Edhy