Sabtu, 05 Desember 2020

SD Inpres Jongaya 1 Makassar Gelar Imunisasi Campak dan Imunisasi Tetanus Difteri Pada Siswa



BN Online, Makassar -- Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.


Hal inilah yang sedang dilaksanakan SD Inpres Jongaya 1 Makassar kepada siswa(i)nya yang melakukan imunisasi campak dan imunisasi tetanus difteri, Sabtu (05/12/2020).


Menurut kepala sekolah SD Inpres Jongaya 1 Makassar, Hj. Muliati. BM, S.Pd., kegiatan imunisasi campak dan imunisasi tetanus difteri ini dilakukan untuk memberikan perlindungan dan kekebalan tubuh kepada peserta didik untuk kelas 1 dan kelas 5.


"Untuk siswa(i) kelas 1 itu dilakukan penyuntikan vaksin atau imunisasi campak, sedangkan untuk kelas 5 itu dilakukan penyuntikan imunisasi Tetanus Difteri. Kegiatan imunisasi ini melibatkan unsur Puskesmas dan Sekolah SD Inpres Jongaya 1 Makassar", ucapnya.


Dijelaskan-nya juga, "salah satu bentuk kegiatan dari imunisasi lanjut pada anak sekolah ini sasarannya adalah seluruh peserta didik anak usia sekolah dasar. Imunisasi yang diberikan berupa vaksin campak, difteri tetanus (DT), dan tetanus difteri (TD). Manfaat dari BIAS adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi", pungkasnya.


Pelaksanaan Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar yang dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Dimana, sebelum masuk kelas siswa(i) dan para orang tua yang mendampingi wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.


Iapun berharap, semoga dengan dilakukan-nya imunisasi vaksin ini kepada peserta didik dapat mencegah berbagai penyakit utamanya Covid-19 yang saat ini masih terjadi. Apalagi penyakit yang dapat menimbulkan kematian, tutup Muliati.(ILHO)




Editor//BN Online//ILHO