Sabtu, 05 Desember 2020

SDI.Unggulan Puri Taman Sari Gelar Supervisi Pembelajaran Daring

BN Online, Makassar ---Sejak bulan Maret tahun pelajaran 2020/2021 pembelajaran di satuan pendidikan di seluruh pelosok tanah air menggunakan sistem daring hal ini dilaksanakan untuk mencegah penyebaran virus corona 19 di sekolah. 

Seperti halnya pembelajaran daring di SDI. Unggulan Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar yang di komandoi oleh Hj. Hamidah. S, Pd selaku Kepsek, menurutnya, untuk mempermuda sistem Daring ini pihak sekolah menggunakan platform utama Google Suite, karna selain google suite platform lain juga digunakan untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar seperti Whatsapp, Telegram, Zohoo dan yang lainnya.


Ditemui di ruang kantornya,Hj. Hamida. S, Pd, mengungkapkan pada apalikasi google suite semua warga sekolah dibuatkan akun untuk dapat masuk ke dalam aplikasi tersebut. Siswa dimasukkan kedalam kelas mereka masing-masing begitu juga dengan guru yang mengajar di kelas tersebut termasuk pula dengan kepala sekolah juga dimasukkan ke dalam semua kelas hal ini bertujuan agar kepala sekolah dapat secara langsung memantau pelaksanaan pembelajaran.Namun demikian jika siswa tidak menggunakan hp andoid sekolah tetap memberikan kemudahan dengan sistem Durung.

Sambungnya, terkait dengan kompetensi kepala sekolah salah satunya adalah melaksanakan supervisi.Supervisi tersebut dilakukan oleh kepala sekolah atau guru yang ditugaskan oleh kepala sekolah yang di laksanakan pada  bulan Oktober 2020 lalu. Tim supervisi ini disebut dengan supervisor. Supervisor bertugas mengamati pembelajaran mulai dari perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran (pendahuluan, inti, dan penutup). Setelah pengamatan dilanjutkan dengan refleksi.

"Jadi refleksi dilakukan dengan pertemuan antara guru dan supervisor. Tujuannya adalah untuk mendiskusikan hasil temuan dilapangan dan menyamakan persepsi jika terjadi perbedaan pendapat. Pada tahun pelajaran 2020/2021 pelaksanaan supervisi dilakukan secara daring dimana supervisor akan dimasukkan ke dalam kelas-kelas yang akan disupervisi untuk melakukan pengamatan pelaksanaan kegiatan pembelajaran,". Imbuhnya.


Olehnya itu lanjut Hj. Hamidah katakan, dari pengamatan secara daring tersebut supervisor akan tahu teknik atau aplikasi apa yang digunakan guru pada pembelajaran. Apaja pembelajaran menyenangkan atau tidak juga bisa diketahui. "Pembelajaran sekedar memberi tugas atau tidak juga supervisor akan tahu,". Pungkasnya. (Sy@h..)