Minggu, 24 April 2022

Kemenag Bener Meriah Sosialisasikan Informasi Keberangkatan Haji Tahun 2022

Tags

Kemenag Bener Meriah Sosialisasikan Informasi Keberangkatan Haji Tahun 2022
BN Online ; Redelong - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah gelar pertemuan dengan Jemaah Calon Haji  Tahun 2022 di Masjid Babussalam, Simpang Tiga. Ahad (24/4/2022).

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Drs H Hamdan MA menyampaikan terkait keberangkatan Jemaah Haji tahun 1443 H/2022 M.

"Karena covid-19, sebelumnya pemerintah Arab Saudi menutup jemaah haji dari seluruh dunia kecewali warga negara disana dan yang bermukim atau bertugas disana," ujarnya Hamdan.

"Pada tahun 2020 dan 2021 kita Kementerian Agama dengan sejumlah Instansi terkait terus menyiapkan persiapan dokumen, paspor, dan kesehatan jemah haji. Tetapi haji dibatalkan oleh Pemerintah Arab Saudi pada tahun tersebut," ungkap Hamdan.

Hamdan mengutarakan, bahwa pada tahun 2022 Pemerintah Arab Saudi membuka kuota jemaah haji hanya untuk 1 juta orang secara internasional, dan  Arab Saudi menetapkan jemaah haji berangkat maksimal usia 65 tahun.

"Untuk kuota Indonesia yang sebelumnya 221 ribu menjadi 100.051
Jemaah. Ada pemotongan 50 persen untuk tahun ini," ujar mantan Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh ini.

Sementara itu, Hamdan menyebutkan bahwa untuk Kabupaten Bener Meriah jemaah haji berangkat tahun ini  berjumlah 54 dan 13 cadangan, dengan Kuota Provinsi Aceh sebesar 1.988 dan cadangan 400.

"Arab Saudi membatasi usia karena mempertimbangkan secara fisik dan kesehatan jemaah haji," pungkas Hamdan.
Hamdan berharap, semoga tahun depan Pemerintah Arab Saudi dapat menormalisasi kuota Jemaah Haji kembali seperti biasa.

Kemudian, dalam arahannya, Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi menyampaikan bahwa keputusan Arab Saudi lebih kepada mengambil kehati-hatian, karena sudah dua tahun haji ditutup karena dilanda Pandemi.

"Ini tahun pertama Arab Saudi menerima Jemaah Haji setelah dua tahun sebelumnya ditutup karena Covid-19," ujar Abuya Sarkawi yang juga ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bener Meriah.

Sarkawi menegaskan bahwa keputusan ini bukan keputusan Republik Indonesia melalui Kementerian Agama, namun keputusan tersebut keputusan secara internasional yang ditetapkan Arab Saudi.

Kepada Jemaah Haji yang tertunda keberangkatannya ke tahun depan, Sarkawi berharap untuk ikhlas dan sabar serta ridha dengan keputusan tersebut.

"Kepada bapak dan ibu yang tertunda untuk berangkat haji tahun 2022 untuk tidak membatalkan atau mengambil setoran  BPIH," harapnya.

Diakhir arahannya, Abuya Sarkawi meminta kepada Jemaah Haji untuk mengikuti manasik haji baik secara mandiri maupun yang diselenggarakan Kementerian Agama Bener Meriah.

"Kepada yang sudah mampu jangan lupa untuk mendaftar haji, karena daftar tunggu haji sudah mencapai 30 tahun," ungkap Sarkawi.

Acara yang dipandu kasi PHU Azhari Ramadhan SAg MAg ini, turut hadir Ketua IPHI Bener Meriah, Kasubbag TU dan para Kasi Kantor Kementerian Agama Bener Meriah, serta Kabag Humas Setdakab Ruslan(surianto)

Editor : Riga Irawan Toni