Rabu, 01 Juni 2022

Bincang Kuliner GAYO PKKG Undang Ivana Joi Pauline Pangaribuan,Mahasiswa Magister Konservasi Biodiversitas Tropika IPB.

Tags

Bincang Kuliner GAYO PKKG Undang Ivana Joi Pauline Pangaribuan,Mahasiswa Magister Konservasi Biodiversitas Tropika IPB.
BN Online : Aceh Tengah-Bincang Gayo kembali digelar. “Kali ini, akan dibahas tentang kuliner Gayo dan dinarasumberi mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPG), Ivana Joy Pauline Pangaribuan, yang melakukan penelitian di Gayo. Ini kegiatan ke-15 dan masuk bulan ketiga. Sebelumnya, sudah dibincangkan tentang budaya, pendidikan, sejarah, seni, kopi, dan bahasa,” kata Yusradi Usman al-Gayoni, Ketua Pusat Kajian Kebudayaan Gayo (PKKG), Rabu (1/6/2022)

Ivana Joy Pauline Pangaribuan, sebut pendiri/pengelola Perpustakaan Gayo itu, merupakan mahasiswi Program Magister Konservasi Biodiversitas Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) dan melakukan penelitian di Kampung (Desa) Mude Nosar Kabupaten Aceh Tengah. Penelitiannya bertujuan untuk menghitung indeks nilai penting tumbuhan pangan orang Gayo dan penggunaannya dalam masakan tradisional. Karenanya, konservasi sumber daya alam yang bersumber dari pengetahuan tradisional sangat penting untuk menjamin kesehatan ekosistem dan ketahanan pangan. Salah satunya, didapatkan dari tanaman pangan lokal. 
Diungkapkan Yusradi, Bincang Kuliner Gayo Pusat Kajian Kebudayaan Gayo akan digelar secara terbuka melalui Zoom Meeting, Jumat malam (3/6/2022), mulai jam 19.30 WIB, melalui tautan Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/86462690568?pwd=eGtPY01vbmtKdk1xS0xHbnpaZkM2Zz09, 
Meeting ID: 864 6269 0568, dan Passcode: 107563. 

“Hasil penelitian ini penting diketahui masyarakat Gayo. Termasuk, peneliti dan pihak-pihak terkait untuk penelitian dan pengembangan terkait pada masa-masa mendatang. Kegiatan bincang kuliner ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan suling (seruling) Gayo yang dibawakan oleh Pak Gemuruh Alam, pesuling Gayo di Jabodetabek, ” ujar Yusradi.

Penulis : Aharuddin
Editor    : Riga Irawan Toni