Selasa, 25 Oktober 2022

Menciptakan Peluang BPR Dalam Menghadapi Tantangan dan Persaingan Ketat Mempertahankan Pangsa Pasar

Tags

 




BN Online, Makassar - Tema :

Pelatihan handling, complaints, legalitas dan taksasi jaminan 


Diinisiasi oleh Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sulawesi Selatan, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Perbarindo Bapak Arwansyah, nara sumber Bapak Izaac LD Lawalata, SH.MH dan perserta, dilaksanakan di Hotel Almadera Makassar, Sabtu (22/10/2022).

 

Tantangan yang dihadapi oleh industri jasa keuangan khususnya Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam mempertahankan pasar, meningkatkan peluang menciptakan peluang usaha dengan tetap fokus pada menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan deposito berjangka, tabungan dan atau bentuk lain yang dipersamakan dengan itu. Disisi lain memberikan kredit, menyediakan pembiayaan dan penempatan dana sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Bank Indonesia. Menempatkan dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, sertifikat deposito, dan tabungan pada bank lain.


Bisnis menghimpun dana dan mengakses dana yang terdapat risiko yang dapat dikuantifikasi yang tidak dapat dikuantifikasi. Kegiatan bisnis yang membutuhkan penanganan keluhan, hal ini memerlukan sumber daya manusia yang handal dan menguasai cara penanganan dan penyelesaian keluhan yang cepat, tepat dan memuaskan. Selain itu terkait legalitas keabsahan atau sifat yang sah dari dokumen asli yang harus disimpan oleh Bank Perkreditan Rakyat, serta taksasi jaminan meliputi hasil kalkulasi dan estimasi harga jual sebuah barang sebagai dasar untuk membuka kredit serta hak kreditur untuk mendapatkan kepemilikan aset jika debitur suatu saat terjadi wanprestasi .

Dalam pelatihan ini peserta diberikan pembekalan oleh Nara sumber guna meningkatkan kompetensinya dengan tujuan menghadapi risiko dan dapat mengelola bisnis Bank Perkreditan Rakyat dengan baik dalam menghadapi persaingan yang ketat terutama mempertahankan pangsa pasar Bank Perkreditan Rakyat.


Perbarindo Sulawesi Selatan sebagai perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat terus berupaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia agar bisnis anggota dapat berkembang dan memberikan konstribusi positif kepada masyarakat. Kegiatan dapat memberikan contoh kepada perhimpunan lainnya di lingkup jasa keuangan. 

  

Penulis :

Budhi Krisnanto, SE, MM 

Kontributor Jurnalis BNMG & 

Nara Sumber Makin Cakap Digital Kominfo.