Selasa, 08 November 2022

Ekosistem Metaverse Based Learning Menuju Peningkatan Ekonomi Digital

Tags


 

BN Online, Makassar - Tema : 

Pembelajaran Berbasis Metaverse.


Kegiatan edukasi webinar Metaverse Based Learning dibuka oleh Rektor Unitama Dr. Askar Taliang, M.Si., Pembicara pemenang hibah Kadeireka Unitama Dr. Khaidir Rahman Nasir, M.Pd., Pembicara Ketua PUIDLI UM Dr. Eng Muhammad Ashar, MT, Pembicara CO CEO PT Inovasi Utama Nusantara Fajar Ananda dan perserta, dilaksanakan di Kampus Unitama Makassar, Selasa (08/11/2022).

 

Facebook mendefinisikan metaverse satu set ruang pengguna virtual dapat menjelajahi pengguna lain yang tidak berada diruang fisik yang sama. Metaverse pengguna melakukan berbagai aktivitas secara virtual dengan pengguna lain, alat pendukung atau perangkat yang diperlukan untuk masuk ke metaverse berupa Augmented realty (AR), virtual reality (VR), Headset, atau perangkat lain. Media pembelajaran metaverse Unitama menggunakan oculus salah satu produk virtual relaty (VR) terbaik yang mendukung masuk ke metaverse.


Edukasi komunikasi pembelajaran oculus salah satu alat metaverse relatif mahal namun semakin terjangkau pengguna media virtual metaverse. Konsep book modul, buku yang disajikan kolaborsi idbookstore di platform muse akademi, menjadikan Learning Management System (LMS) based learning metaverse.  


Platform pembelajaran LMS yang dilakukan konsep hybrid memadukan konvensional dan digital dapat diakses menggunakan smartphone banyak dimiliki oleh masyarakat dan sangat efisien waktu dan biaya serta menjangkau banyak orang. Ekosistem metaverse khusus edukasi dibuat Unitama awal menuju peningkatan ekonomi digital banyak sektor mulai tumbuh di wilayah timur dan di seluruh Indonesia.   


Ditulis oleh :

Budhi Krisnanto, SE, MM