Kamis, 13 April 2023

Buku Terbaru Ir Mulyono MP,Penyuluh Pertanian Tenaga Harian Lepas Kementerian Pertanian Terbit.

Tags

Buku Terbaru Ir Mulyono MP,Penyuluh Pertanian Tenaga Harian Lepas Kementerian Pertanian Terbit.
BN Online ; Aceh Tengah-Buku terbaru akademisi Universitas Gajah Putih, Ir. Mulyoni, M.P. kembali terbit. “Alhamdulillah, buku ini bisa selesai. InsyaAllah, besok sudah naik cetak. Diharapkan bulan ini sudah beredar. Buku ini dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan literatur bagi pemustaka, khususnya mahasiswa. Terutama, untuk mata kuliah Pemuliaan Tanaman pada Program Studi Agroekoteknologi. Buku ini dibuat berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester,” kata Ir. Mulyono, M.P., Rabu (12/4/2023).

Sebelumnya, Penyuluh Pertanian Tenaga Harian Lepas (THL-TBPP) Kementerian Pertanian itu juga menerbitkan buku tentang pertanian, “Ekstensifikasi dan Intensifikasi Budidaya Kopi.” “Dalam buku Pemuliaan Tanamana ini, hanya membahas beberapa materi. Bab I membahas mengenai Hibridisasi. Termasuk di dalamnya, pemilihan tetua, prosedur seleksi dalam hibridisasi, kultivar hibrida, dan prosedur lain hibrida,” sebutnya. 

Dilanjutkan alumnus Pascasarjana Konservasi Sumberdaya Lahan Universitas Syiah Kuala (USK) tahun 2013 tersebut, Bab 2 membahas Pemulian Resistensi, dimulai dengan definisi dan mekanisme ketahanan tanaman terhadap serangga, ketahanan terhadap kondisi kering. Sementara itu, Bab 3 membahas mengenai Mutasi, termasuk asal mutasi, agen mutasi, dan mutasi sel somatik. 

Selanjutnya, jelas Ir. Mulyono, M.P., Bab 4 membahas mengenai Sumber Daya Genetik, dimulai dari variasi, sumber daya genetik dalam pemuliaan tanaman, konservasi sumber daya genetik dan plasma nutfah. “Bab 5 tentang Produksi dan Distribusi Benih. Termasuk, bahasan mengenai produksi dan klasifikasi benih, tata cara pelepasan varietas dan pemberian nama, dan hak pemulia tanaman. Terakhir, Bab 6, membahas merubah musim tanaman mangga berbuah, merubah musim tanaman durian berbuah,” tegasnya. 

Ir. Mulyono, M.P. lahir di Medan Sumatera Utara Indonesia pada tangga 21 Januari 1968, merupakan anak ketiga dari sepuluh bersaudara dari ayahanda Alisyahat, ibunda Wsini dan Halimah. Penulis menempuh pendidikan Sekolah Dasar Negeri Kenawat dan lulus tahun 1979, SMP Negeri 3 Takengon tahun 1979- 1982, dan SMT Pertanian Takengon tahun 1982-1984. Pada tahun 1985 diterima di Fakultas Pertanian Universitas Abulyatama Aceh dan lulus tahun 1990 dengan gelar Sarjana Pertanian (Ir). 

Setelah menyelesaikan S-1 pada tahun 1990, Ir. Mulyono, M.P. bekerja sebagai Dosen Tetap pada sekolah Pertanian Gajah Putih Takengon (Universitas Gajah Putih) dengan pangkat Lektor Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian. Sejak tahun 2007, bekerja sebagai Penyuluh Pertanian Tenaga Harian Lepas (THL-TBPP) di Bawah Departemen Pertanian. Tahun 2010, diterima di Program Pascasarjana Konservasi Sumberdaya Lahan Universitas Syiah Kuala dan lulus pada tahun 2013.

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni