Jumat, 17 April 2020

Pasien PDP Pasangkayu Meninggal Dunia dan Dimakamkan Sesuai SOP Covid-19


BN Online, Pasangkayu---1 Orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Asal Kabupaten pasangkayu, Provinsi Sulbar meninggal dunia di Rumah Sakit Umum  (RSU) Regional Sulbar Mamuju, Kamis (16/04-2020).

Juru bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas (TGT) Covid -19 Kabupaten Pasangkayu, Suri Fitriah, menjelaskan bahwa berdasarkan informasi yang ia peroleh, saat ini satu orang PDP dari kabupaten Pasangkayu asal desa Bulu Mario, kecamatan Sarudu, hari ini meninggal dunia.

”Benar adanya Satu Pasien PDP asal Desa Bulu Mario, laki-laki, umur 18 tahun yang dirawat di Mamuju telah meninggal dunia. Namun hasil swabnya masih menunggu," ungkapnya.

Wanita yang akrab dipanggil Ibu Ria ini juga mengatakan, meski hasil Swabnya belum keluar, Jenazah Almarhum rencananya akan dimakamkan dengan mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19.

"Saat ini jenazah masih di mamuju, dan masih menunggu informasi pelaksanaan pemakaman," ujarnya.

Di akhir penjelasannya, Suri Fitriah menghimbau Untuk itu Masyarakat tetap waspada, tetap jaga kesehatan, dan tetap mengikuti anjuran pemerintah serta tidak panik.

"Jangan panik dan tetap mengikuti himbauan Pemerintah, demi memutus mata rantai Covid-19," pungkasnya.


Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Pasien PDP asal Desa Bulu Mario masuk ke Rumah Sakit pada tanggal 15 April 2020 kemarin, dengan keluhan demam dan batuk serta memiliki riwayat jantung dan dimana Status diagnosa PDP sedang dan sepsis.

Selain itu, diketahui Almarhum yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) ini juga pernah kontak dengan orang dari Kota Palu, Provinsi sulawesi tengah (Sulteng) dan pada tanggal 14 April malam pasien memeriksakan diri di puskesmas dan Keesokan harinya tanggal 15 Pasien dirujuk ke RSU Regional Sulbar di mamuju dan 16 April meninggal dunia.

Jenazah Almarhum dimakamkan

Pukul 15.20 Wita, Jenazah diberangkatkan dari RSUD Regional Sulbar Menuju Ketempat Pemakaman di Dusun Mekar, Desa Bulu Mario, Kec.Sarudu, Kab.Pasangkayu.

Dimana pada Pukul 19.00 Wita, Jenazah  di Evakuasi menggunakan Kendaraan Ambulance  dengan  pengawalan Tim Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Mamuju dan tiba disekitar lokasi  pemakaman Umum,Dusun Mekar, Desa Bulumario, Kec.Sarudu, Kabupaten Pasangkayu.

Pemakaman sempat terhambat karena Tim Gugus Covid-19 Kab.Pasangkayu ,yang bertugas mengangkat Jenazah dari Ambulance ke Pemakaman belum tibah di lokasi pemakaman.

Pada Pukul  21.23 Wita , Tim Gugus Tugas tibah di sekitar lokasi pemakaman dan   mengangkat jenazah dari Ambulance kepemakaman kemudian dilanjutkan pemakaman. (E Syam)


Editor : | BN Online | Dny