Senin, 10 Agustus 2020

Mejawab Tantangan Tugas Yang Semakin Kompleks, Batalyon A Pelopor Ikuti Latihan Kemampuan Gegana

Tags


BN Online, Makassar--Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis PS, S.I.K., M.Si memimpin upacara pembukaan latihan Kemampuan Gegana Dalam Rangka Pengamanan Pemilukada Serentak Tahun 2020 di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Jalan Sultan Alauddin No.75 Pa'baeng-Baeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Senin (10/08/2020) Pukul 07.00 Wita.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pelaksanaan Upacara pembukaan Pelatihan ini  tetap menjaga Jarak setiap personel serta tetap menggunakan masker. 

Latihan ini selain diikuti oleh personel Gegana sendiri, juga diikuti Personel Batalyon Pelopor jajaran Satbimob Polda Sulsel untuk menambah ilmu kepada masing-masing personel sebagai bekal pengetahuan dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Selain itu, latihan peningkatan kemampuan ini sebagai bentuk profesionalisme Korps Brigade Mobile dalam membina kemampuan para personelnya. Kemampuan yang dilatihkan dalam kegiatan tersebut meliputi Kemampuan Wanteror ( Perlawanan Teror ), Jibom ( Penjinakan Bom ), serta Kemapuan KBR ( Kimia, Biologi dan Radioaktif ) kemampuan tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak kemampuan yang dimiliki oleh Korps Brimob Polri Khusunya Gegana.

Turut hadir dalam Upcara Pembukaan Pelatihan tersebut antara lain  Danyon A Pelopor AKBP Darminto S.Sos, Danden Gegana AKBP Sahruna Nasrun SE.MM, Kasubag Bagops Satbrimob AKP Mursalim, Wadanden Gegana AKP Aziz Bani, S.Sos, Wadanyon A Pelopor AKP Mansur S.H.M.H, Kasubden Wanteror AKP Darwis Daud serta Pejabat Utama Satbrimob Polda Sulsel. 

Dalam amanatnya Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhmmad Anis menyampaikan Latihan peningkatan kemampuan Gegana jajaran Satbrimob Polda Sulsel dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 bukan sekedar peristiwa menandai awal perjalan panjang dalam menempuh pelatihan, lebih dari itu latihan juga merupakan moment yang menandai telah lahir nya sumber daya manusia yang bermutu.


Muhammad Anis mengatakan, “ Pelatihan ini diselenggarakan dengan maksud agar setiap permintaan Back Up Satuan Kewilayahan yang berkaitan dengan perkuatan fungsi Brimob di wilayah khususnya yang berhubungan dengan kemampuan Gegana dapat dengan cepat mendapat " QUICK RESPON " dari Batalyon Brimob terdekat hal ini senada dengan  motto Brimob yaitu " JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAN " serta slogan Brimob yaitu " BRIMOB UNTUK INDONESIA, sehingga terwujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Dansatbrimob juga menambahkan, rangkaian latihan gabungan ini diikuti oleh personel Batalyon A, Batalyon B, dan Batalyon C Pelopor, yang berjumlah 64 personel, selain meningkatkan kemampuan perorangan juga merupakan wujud kesiapsiagaan personel dan kesatuan dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Ditemui usai pelaksanaan Upcara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kemampuan, Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto mengatakan “ Dengan terlaksananya latihan ini diharapkan para personel dapat menerapkan kedalam pelaksanaan tugas yang akan dihadapi sebagai wujud Bakti Brimob untuk masyarakat, serta menjadi Brimob yang profesional dan siap menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin berat, mengingat tahun 2020 merupakan pesta demokrasi Pilkada serentak di wilayah hukum Polda Sulsel,” kata Darminto.

“Sesungguhnya keberhasilan pelaksanaan latihan ini akan berimbas pada suksesnya tahapan demi tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan tugas saat Pilkada 2020 mendatang. Serta selalu mengedepankan sisi Humanis seorang personel Polri sehingga terwujud bhakti Brimob Utuk Masyarakat.,” pungkas Darminto.

Kepada seluruh personel Batalyon A Pelopor yang mengikuti pelatihan tersebut, Darminto berpesan agar melaksanakan pelatihan ini dengan penuh semangat, menjaga kesehatan dan kekompakan, mengingat pelatihan ini akan dilaksanakan selama 6 hari.(Mk)


Editor : | BN Online | Dny