Senin, 22 Februari 2021

Alokasikan Anggaran Membangun Daerah, Nurdin Abdullah Dapat Apresiasi Tokoh Masyarakat Sidrap

Tags


BN Online Makassar,-- Ketua Ikatan Kekerabatan Masyarakat (IKM), Andi Alimuddin Unde dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur SulSel (Sulawesi Selatan), HM Nurdin Abdullah yang memperhatikan infrastruktur khususnya di Sidrap.


Disampaikan pada Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus Pusat IKM Sidrap dan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Asal (ISA) Sidrap. Dilangsungkan di Hotel Four Points by Sheraton pada Senin 22 Februari 2021.


Kehadiran Tokoh SulSel diantaranya Gubernur SulSel, Ketua DPRD SulSel, Andi Ina Kartika Sari dan Wakil Ketua DPRD SulSel, Syaharuddin Alrif pada acara Pelantikan dan Rapat Kerja IKM dan ISA, kata Alimuddin, merupakan bentuk perhatian terhadap masyarakat Sidrap.


"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulawesi Selatan karena poros Rapang-Pinrang sudah diaspal dan mulus. Demikian juga jalan poros Sidenreng-Soppeng sementara dikerja. Ini bentuk perhatian yang luar biasa terhadap Sidrap", kata Alimuddin.


Dijelaskan, Gubernur SulSel memberi perhatian yang sungguh-sungguh terhadap Sidrap dalam hal pembangunan. Sidrap, tambahnya, dapat juga pembangunan rest area.


"Rest area modern di Sidrap dibangun 100 persen dengan anggaran dari Pemprov", pungkasnya.


Sementara Ketua ISA Sidrap, Muhammad La Kaiya mengatakan, sebagai perkumpulan sarjana, ISA akan konsentrasi pada penelitian.

Riset pengembangan potensi lokal tepung telu untuk pertahankan harga, tepung beras harus diawali pada gabah untuk meningkatkan nilai tambah beras dan pengembangan gula aren.


"Tujuannya ada peran ISA dalam peningkatan dan pengembangan PAD di Sidrap," jelasnya.


Menurutnya, 30 ribu orang Sidrap berada di Makassar termasuk tukang di Jl Satando dan pedagang di Pasar Sentral merupaka potensi besar untuk membangun Makassar dan SulSel.


Gubernur Sulsel dalam sambutannya mengungkapkan bahwa IKM dan ISA sangat menentukan kemajuan pembangunan Sidrap.


"ISA sudah mapping SDM yang bisa mengembangkan potensi Sumber Daya Alam di Sidrap", ungkapnya.


Sidrap, Pinrang dan Wajo jelas dia, bukan hanya memberi peran terhadap SulSel. Tetapi juga menjadi penyangga pangan nasional.


Dalam kondisi APBD sangat terbatas dibanding kebutuhan, Nurdin Abdullah mengajak Pemerintah dan masyarakat Sidrap untuk meningkatkan sinergitas.


"Keterbatasan anggaran harus disiasati dengan mengembangkan kolaborasi. Kalau Pemerintah Pusat, Provinsi dan daerah sinergi, semua akan ringan. Apalagi IKM dan ISA ambil peran", ujarnya.


Pada kesempatan itu, Nurdin Abdullah mengatakan, pembangunan di Sidrap dibiayai dengan anggaran bantuan daerah bawahan APBD SulSel. Itu terwujud karena Pemerintah SulSel dan DPRD SulSel senantiasa kompak karena memiliki visi yang sama.


Gubernur SulSel setuju IKM untuk mendata warga Sidrap yang ada di luar daerahnya, ISA kemudian memetakan SDM.


"Kalau dua organisasi berkolaborasi dengan kuat bersama masyarakat dan Pemerintah di Sidrap, ini menjadi potensi dan bisa memegang peran penting dalam memajukan daerah", tutupnya.


Editor | BN Online Sul Sel | Edhy