Kamis, 18 Februari 2021

SD Inpres Cilallang Makassar Gelar Sosialisasi MKM Bersama Lemina



BN Online, Makassar -- UPT SPF SD Inpres Cilallang Makassar bersama Lembaga Mitra Ibu dan Anak (Lemina) hari ini menggelar kegiatan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), Kamis (18/02/2021) pagi.

Selaku kepala sekolah SD Inpres Cilallang, Dra. Hj. Hasniah mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di salah satu ruang kelas SD Inpres Cilallang Makassar dan di gelar sejak pukul 08.00 pagi - pukul 12.30 siang.


Adapun yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu kepala sekolah, guru pengajar, komite, orang tua siswa SD Inpres Cilallang. Hadir juga Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan kota Makassar, Dr. Pantja Nurwahidin, M.Pd., yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan kota Makassar, ucapnya.



Dr. Pantja Nurwahidin, M.Pd., selaku Kabid GTK menambahkan, kegiatan Leminela ini kami sangat apresiasi. Pertama, karna kegiatan ini memberikan edukasi kepada guru dan orang tua siswa(i) terkait dengan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).


Tujuan dari pada kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan edukasi kepada guru pengajar dan orang tua peserta didik. Nanti mereka yang menginformasikan kepada anak ataupun siswa(i)nya terkait MPM itu. Utamanya bagaimana cara mengatur kebersihan pada saat anak - anak menstruasi.


Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan arahan langsung kepada siswa(i) melalui orang tua dan guru peserta didik SD Inpres Cilallang tentang MKM ini. "Jadi nanti orang tua murid yang menyampaikan kepada siswa(i) tentang Lemina dan apa program dari Lemina".



Kegiatan ini juga bagus sebab, memberikan pemahaman dan pelajaran kepada orang tua siswa(i) tentang sosiologi, kekerasan pada anak dan lain sebagainya. Bagaimana hal - hal yang tidak di inginkan terjadi kepada anak, imbuhnya.


Dra. Hj. Hasniah berharap, "semoga anak didik kami bisa mengerti tentang menstruasi itu. Biasanya jika teman sekelas/sekolah yang sedang menstruari, mereka biasanya membuli/mengejek temannya. Jadi bukan hanya untuk siswi saja yang kami berikan arahan tapi juga siswa".


Tambahnya, semoga apa yang disampaikan hari ini bisa menambah pemahaman orang tua peserta didik dan nantinya bisa mengajarkan kepada anaknya dirumah tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi, tutupnya.(ILHO)




(Red)