Kamis, 18 Maret 2021

SMPN. 49 Makassar Gelar Workshop Penerapan Kurikulum Berbasis Lingkungan

Tags

Kamis, 2021/03/18 21:13.Wita

BN Online,Makassar ---Untuk menambah wawasan serta peningkatan kompetisi guru melalui pembelajaran yang terintregasi dengan lingkungan serta persiapan untuk menuju sekolah Adiwiyata SMP Negeri 49 Makassar pagi tadi melaksanakan Workshop Penerapan Kurikulum Berbasis Lingkungan.


Kegiatan workshop ini dilaksanakan di Aula sekolah setempat pada pagi sekitar pukul 8.00 dan dibuka oleh KA UPT SPF SMP Negeri 49 Makassar, Ikhsan. S, Pd. M.Pd dengan tetap menerapkan Prokes  Covid-19 secara ketat.


Tampil selaku narasumbernya staf peningkatan kapasitas lingkungan hidup Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Maria Anting, S.T. diikuti oleh seluruh tim Adiwiyata sekolah SMPN 49 Makassar selaku peserta.


Dalam keterangan terulis yang diterima Bidik Nasional Via WA, Kamis ( 2021/03/18) 10:55.  Ikhsan S, Pd. M.Pd mejelaskan pelaksanaan Whokshop ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan sesuai perkembangan IPTEK serta menghasilkan guru yang berkwalitas dan produktif dengan memanfaatkan sumber belajar dan lingkungan.


Selain itu ada beberapa poin yang disampaikan yakni, Pengintegrasian materi lingkungan hidup ke- dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengelolaan Komposter, Biopori, Green House dan Kelancaran Drainase.


"Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan merupakan perwujudan dari salah satu komponen program adiwiyata karena pada dasarnya sekolah memberikan pengaruh besar terhadap kelestarian lingkungan hidup dan peserta didik akan mendapatkan pengetahuan terkait lingkungan melalui sekolah,". Tutup Ikhsan. (Sy@h..m)