Kamis, 27 Mei 2021

Dinas Kominfo Bantaeng Akan Bentuk Komisi Informasi ( KI ) Tahun Depan,Ini Penjelasannya.

Tags


BN Online Bantaeng, - Dinas Kominfo Bantaeng ( Diskominfo ) dengan semangat keterbukaan informasi yang makin meningkat di kalangan masyarakat, tampaknya cukup mendorong,untuk membentuk lembaga Komisi Informas di Kabupaten Bantaeng.


Dengan ini,Kepala Dinas Kominfo Bantaeng, H. Subhan, S.Sos, M.Si, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya belum lama ini. 

Kata H.Subhan kebutuhan masyarakat terhadap setiap informasi yang mesti diketahui publik, menjadi salah satu faktor hingga menginisiasi pihaknya untuk menghadirkan lembaga tersebut. 


Menurut Kadis Kominfo H.Subhan S.Sos M.Si,Saat ini eranya keterbukaan, begitu juga informasi yang semestinya disampaikan kepada publik, tidak perlu ditutupi agar semua menjadi terang benderang. Ini juga dapat menjadi salah satu upaya untuk semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah khususnya di Bantaeng," Ucap Kadis Kominfo di ruang kerjanya,Senin 24 Mei 2021.

 

Dia  menjelaskan bahwa,"poin penting dari upaya pembentukan Komisi Informasi tersebut nantinya tidak lain adalah niat baik Pemerintaah  dan DPRD untuk mewujudkan keterbukaan informasi di Kabupaten Bantaeng". Jelas dianya


Kabupaten Bantaeng saat ini mengalami perkembangan cukup pesat dalam berbagai hal. Dengan begitu diperlukan peningkatan pengawasan publik terhadadap kebijakan publik. "Jadi dengan membentuk Komisi Informasi Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah daerah dalam implementasi UU No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik," Terang Mantan Kadis Pariwasata ini ke Awak Media.


Hanya saja, menurut  H. Subhan, rencana tersebut diperkirakan baru bisa terlaksana tahun depan atau pada 2022.Karena kondisi sekarang masih dalam masa pandemi covid-19 sehingga semuanya perlu pembatasan. 


Dia juga mengakui, saat ini ketersediaan anggaran tidak mendukung untuk melaksanakan program tersebut. Itu disebabkan budget anggaran yang dimiliki Kominfo Bantaeng mengalami pengurangan karena refocusing anggaran covid-19 tahun 2021.


Namun begitu, pihaknya tetap berupaya melakukan studi ke Bulukumba sebagai kabupaten terdekat yang telah cukup lama mendirikan Komisi Informasi. 


"Insya Allah pembentukan Komisi Informasi Kabupaten Bantaeng akan kami programkan tahun 2022 karena ini menyangkut kesiapan anggaran. Kami juga akan berkunjung ke Bulukumba karena merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki Komisi Informasi," Tutupnya mantan Camat Tompobulu.


Editor : Edhy BN