Selasa, 26 Oktober 2021

Giat Madrasah, MI Farida Aryani Dan MI Al- Bashirah Makassar Lakukan Geladi Bersih ANBK

 Selasa, 2021/10/26 19:44

Suasana geladi Asesmen Nasional Berbasis komputer (ANBK) di M Faridah Aryani Makassar Hari Kedua Selasa ( 2021/10/26 )


BN Online, Makassar ---Sejak beberapa hari terakhir terlihat pantauan media ini sejumlah satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar, MI,  Menengah Sederajat khususnya di Kota Makassar telah melaksanakan giat Simulasi dan Geladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Tahun pelajaran 2021 - 2022.


Yang mana ANBK tersebut diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud dan Ristek) sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).


Dari hasil pantau media ini terkait Giat Simulasi - Geladi ANBK telah berjalan dengan baik dan lancar, seperti yang diselenggarakan oleh pihak  MI. Farida Aryani yang beralamat  JL. Inspeksi PAM Lorong 1 NO. 21 Borong Kec. Manggala Kota Makassar  Dan MI Al- Bashirah JL. Inspeksi PAM (KOMP. IKHWAH) Manggala Kec. Manggala Kota Makassar.


Ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa ( 2021/10/26 ) 10:37. WITA, Kepala MI. Farida Aryani, Arianto. S, Pd.I mengatakan, bahwa Pelaksanaan Simulasi ANBK diselenggarakan pihaknya sudah selesai pada minggu yang lalu, berjalan dengan baik dan lancar.  Sementara Geladi bersih ANBK masih berlangsung mulai hari Senin, (25/10/2021) Kemaren.


Menurutnya, pelaksanaan geladi hari pertama sempat menghadapi kendala terkait jaringan, namun bisa kembali normal.


“Dari jumlah 17 siswa yang terdaftar terbagi dalam 2 sesi, dengan pembagian untuk sesi 1 dan 2 masing - masing diikuti 5 siswa begitu seterusnya hingga hari ke empat,":ucapnya.


Berjalannya pelaksanaan baik Simulasi hingga Geladi ANBK, sambungnya,  tidak terlepas dari peran serta guru - guru yang sudah terlatih setelah mengikuti sosialisasi ANBK tingkat Madrasah beberapa minggu yang lalu

Suasana geladi Asesmen Nasional Berbasis komputer (ANBK) di M Al- Bashirah Makassar Hari Kedua Selasa ( 2021/10/26 )


Sementara itu, Kepala MI Al- Bashirah, Andi Asdar. S, Pd.I mengatakan, bahwa simulasi dan geladi ANBK ini di gelar sebagai persiapan menghadapi ANBK dalam waktu dekat ini.


"Adapun siswa yang ikut serta sebayak 30 orang ditambah 5 siswa cadangan dengan jadwal dilaksanakan selama 4 hari mulai hari Senin, 25 hingga 28 Oktober 2021," tuturnya saat di komfirmasii di ruang kerjanya, Selasa ( 2021/10/26).


Kedua Kamad tingkat MI ini menegaskan, Asesmen Nasional ini penting dilaksanakan. Salah satu tolak ukur penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yakni, literasi, numerasi, dan karakter. Dengan keterlibatan peserta didik, guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan ANBK diharapkan gambaran mutu dan kualitas pendidikan dapat diketahui secara akurat.


“Karna itu Asesmen Nasional terlaksana untuk mengukur mutu sistem pendidikan. Bukan capaian belajar,” tutupnya ( Sy@h..)