Rabu, 27 Oktober 2021

Iko Setiawan Ketua Bang Japar Jakarta Utara, Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Keracunan Warga Koja.

Tags








BN Online, Jakarta Utara - Kepolisian Resort Metropolitan Jakarta Utara diminta agar mengusut tuntas kasus keracunan 5 warga anak dibawah umur di Lorong 19 RT.003 RW.006 Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, kota administrasi Jakarta Utara. yang hingga sekarang masih dirawat di RS Koja yang menjadi korban usai menyantap Rice Box PSI saat pembagian acara bakti sosial di wilayah Koja RW.006, minggu, (24/10/2021).

Sebelumnya sebanyak 35 warga RW 006 Kelurahan Koja, Jakarta Utara keracunan. Mereka keracunan usai menyantap nasi kotak berlogo Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
23 warga dirawat di RS Koja, klinik dan berobat jalan di rumah korban masing-masing.

"Meski sudah meminta maaf, kasus ini harus diusut tuntas sehingga ada efek jera bagi pelakunya yang telah meresahkan warga yang menyebabkan dirawatnya warga di rumah sakit, harus diselidiki dan tidak boleh dibiarkan, karena PSI bagi-bagi sering sekali dan jumlahnya lumayan, jangan sampai ada korban lagi," ungkap ketua Bang Japar Jakarta Utara ), Iko Setiawan SE. kepada para wartawan saat menghadiri deklarasi dan pengukuhan Forum Lintas Ormas (FLO) DKI Jakarta. Rabu (27/10/2021).

Iko dengan tegas mengatakan, pelaku pemberian #RiceboxPSI harus diperiksa karena diduga makanan tersebut tidak layak untuk dibagi-bagikan karena dapat merugikan kesehatan.
 
"Harus diusut tuntas itu masalahnya dimana?  bener enggak warungnya yang itu? dan bener enggak kesalahan ada di warung?," ujarnya.

Akibat, sambung Iko, warga mengkonsumsi makanan #RiceboxPSI saat acara bakti sosial di Jalan Lorong 19, Koja RW.006, puluhan warga mengalami kepala pusing, muntah-muntah, sakit perut dan terpaksa harus dirawat intensif oleh para medis.

"Peristiwa itu juga sangat membahayakan dan dapat menimbulkan jatuhnya jiwa," tutur Iko.

Dikarenakan makanan Rice box PSI yang dibagikan ke warga tersebut diduga tidak layak untuk dibagi-bagikan, menurut Iko, pihak Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jakarta mesti secepatnya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara harus turun meneliti makanan #RiceboxPSI tersebut.

"Apabila kasus ini dibiarkan maka kami Bang Japar Jakarta Utara akan menyurati Presiden, Wakil Presiden,Ketua MPR, Ketua DPD, Ketua DPR, Kapolri, Ketua Komisi III DPR RI, semua partai politik, Komnas HAM, Komnas Perempuan dan Anak, Ketua DPRD DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta dan semua pimpinan Media Nasional," tegas Iko.
(darman).