Senin, 25 Oktober 2021

Tolak Ukur Hasil Belajar Mengajar, UPT SPF SDN. Lariang Bangi 1 Makassar Gelar Simulasi ANBK

 Senin,  2021/10/25 10:21.WITA


BN Online, Makassar -- Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, UPT SPF SDN. Lariang Bangi 1 Kec. Makassar Kota Makassar menggelar simulasi ANBK, Senin (25/ 10 /2021).


Diketahui, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menginput, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.


Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.


Kepala SDN. Lariang Bangi 1, Drs. Sudirman, M. Pd menjelaskan pelaksanaan sosialisai tersebut merupakan respons pihak sekolah terhadap rencana Pemerintah yang akan mengadakan ANBK jenjang SD pada tahun depan.


Sambungnya, Simulasi ini mulai kami selenggarakan sejak pukul 08.00 Wita pagi hingga selesai yang di ikuti 30 orang siswa(i) kelas V dan 5 orang lagi siswa(i) cadangan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).


"Sosialisasi ini bertujuan agar siswa yang terpilih mengikuti ANBK dapat memahami maksud dan tujuan ANBK dengan baik, sehingga nanti pada saat pelaksanaan mereka sudah siap,” ucapnya disela- sela saat memantau pelaksanaan Simulasi hari pertama, Senin ( 2021/10/25 ) 9:03. Pagi.


Selain itu, Asesmen Nasional ini salah satu tolak ukur penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi, dan karakter. Dengan keterlibatan peserta didik, guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan ANBK diharapkan gambaran mutu dan kualitas pendidikan dapat diketahui secara akurat.


“Karna itu Asesmen Nasional terlaksana untuk mengukur mutu sistem pendidikan. Bukan capaian belajar. Semoga, simulasi yang digelar selama 2 hari, dari hari Senin, 25 --26 Oktober 2021ini dapat berjalan dengan lancar, siswa  yang mengikutinya tidak mengalami kendala," tutupnya. (Sy@h..)