Jumat, 05 November 2021

Sukses Laksanakan ANBK, Ini Tanggapan Kepsek UPT SPF SDI Barombong II Makassar



BN Online, Makassar -- ANBK resmi menjadi pengganti Ujian Nasional Berbasis Konputer (UNBK) yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.


Hal inilah yang sedang dilaksanakan Sekolah Dasar (SD) se-Kota Makassar. Salah satunya di UPT SPF SDI Barombong II yang berlokasi di Kec. Tamalate, Jumat (05/11/2021).


Melalui sambungan Via WhatsApp-nya, Supri, S.Pd., selaku kepala sekolah mengatakan, Alhamdulillah pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) UPT SPF SDI Barombong II Makassar terlaksana dengan sukses dan aman.



Program ANBK ini tidak akan mengevaluasi pencapaian peserta didik secara individu, akan tetapi juga mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil, ucapnya. 


Lanjutnya, jadi yang mengikuti ANBK ini hanya siswa(i) kelas V. Ini adalah sample kepada mereka yang mempunyai kemampuan dan berkompoten dalam menjalankan komputer. Peserta yang mengikuti berjumlah 30 orang di tambah 5 orang untuk cadangan.


Pelaksanaan ANBK ini digelar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, mengingat hingga saat ini pandemi masih belum berakhir. 



Supri, S.Pd., menjelaskan,  ANBK ini kami bagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan sejak pukul 08.00 Wita pagi - 12.30 Wita siang. Kemudian pada sesi kedua kembali dilaksanakan pada pukul 13.00 Wita siang - 16.00 Wita sore. 


Adapun yang kami tugaskan agar proses ANBK ini berjalan dengan baik seperti yang bertugas sebagai pengawas, ada juga yang bertugas sebagai tekhnisi dan lain - lain, jelasnya. 


Untuk itu, Supri, S.Pd., berharap, semoga dengan adanya ANBK ini dapat lebih meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dan mutu pendidikan, pungkasnya.(ILHO)