Kamis, 26 Mei 2022

GOW Kabupaten Bener Meriah Adakan Seminar Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal

Tags

GOW Kabupaten Bener Meriah Adakan Seminar Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal
BN Online ; BENER MERIAH - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bener Meriah mengadakan Seminar Kewirausahaan dengan tema “Inspirasi Pengolahan Komoditi Lokal” dalam rangka meningkatkan daya saing produk lokal bagi pelaku usaha dan organisasi wanita khusunya ibu-ibu rumah tangga dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah yang dibuka oleh Asisten II Sekdakab drh. Sofyan mewakili Bupati bertempat di Aula Gedung Empu Beru lanyai 2. Komplek Perkantoran Serule Kayu, Redelong, Rabu,25/05/2022.

Kegiatan tersebut dihadiri dan diikuti oleh seluruh jajaran pengurus GOW dan ibu – ibu para pengrajin Kabupaten Bener Meriah.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Asisten II drh. Sofyan menyampaikan, banyak hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan pendapatan keluarga dan menopang perekonomian masyarakat, salah satunya adalah mengolah hasil pertanian, dan diharpakan hasil panen kita tidak semuannya dijual melainkan diolah lagi sehingga bisa menaikan harga komoditinya, seperti dibidang kuliner bisa dijadikan keripik, kue basah, kue kering dan lainnya, kata drh. Sofyan.

Sambung Asisten II, selain ikut usaha industri rumahan, para ibu-ibu juga tidak boleh lupa didalam mengelola rumah tangga. Ibu-ibu tetap perlu mengawasi perkembangan mental dan fisik anak-anak dalam kehidupan sehari-hari, apalagi pengaruh internet dan penyalahgunaan narkoba sangat besar, karena itu dibutuhkan keteladanan ibu-ibu, pesannya.

Drh. Sofyan dalam sambutannya juga mengharapkan, agar seminar yang diinisiasi oleh GOW Kabupaten Bener Meriah dapat berjalan dengan lancar dan  menghasilkan hal yang positif serta bermanfaat bagi peningkatan ekonomi ibu-ibu selaku pelaku usaha, utamanya ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi wanita di kabupaten Bener Meriah, dan pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan – kegiatan seperti ini,ujarnya

“Pemkab Bener Meriah sangat mendukung kegiatan Seminar Kewirausahaan ini sebagai salah satu program prioritas dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bener Meriah dalam memberdayakan kaum perempuan apalagi Kabupaten Bener Meriah dalam hitungan hari akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Aceh Ke – XXXV Tahun 2022,” pungkasnya.

Sementara Ketua GOW Kabupaten Bener Meriah Hj. Nikmah, S.Sy dalam laporannya menyampaikan, Kabupaten Bener Meriah melalui Dekranasda Bener Meriah akan mengikuti pameran di Dekranas yang akan di selenggarakan di Kabupaten Aceh Tegah, dan salah satu hasil kerajinan yang akan kita pamerkan dalam kegiatan itu adalah  kerajinan kayu Gerupel milik salah seorang pengrajin dari Kampung Bener Pepanyi, Kecamatan Bener Kelipah, dan juga menampilan sejumlah produk lokal lainnya dalam kegaiatan itu nantinya, katanya.

Ketua GOW yang juga merupakan Ketua Dekranasda Kabupaten Bener Meriah Hj. Nikmah, S.Sy juga meminta kepada Pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk dapat memberikan perhatian dan bimbingan dalam hal meningkatkan daya saing produk-produk lokal bagi pelaku usaha dan organisasi wanita khusunya ibu-ibu rumah tangga di Kabupaten Bener Meriah, harpanya.(Kiki).

Editor : Riga Irawan Toni