Kamis, 09 Maret 2023

Asisten II Harun Manzola Resmi Membuka Acara Rapat Koordinasi Dan Evaluasi PDTKS Melalui Aplikasi SIKS- NG Provinsi Aceh Tahun 2023

Tags

Asisten II Harun Manzola Resmi Membuka Acara Rapat Koordinasi Dan Evaluasi PDTKS Melalui Aplikasi SIKS- NG  Provinsi Aceh Tahun 2023
BN Online ; Takengon - Acara Rapat koordinasi Dan Evaluasi " Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(PDTKS) Melalui Aplikasi SIKS- NG Provinsi Aceh Tahun 2023 yang di laksanakan di Hotel Parkside Takengon dan acara berlangsung selama 4 hari dari tanggal 7 Maret sampe 10 Maret 2023.

Acara yang berlangsung turut hadir pj bupati Aceh Tengah yang di wakili asisten II Harun Manzola, Kadis sosial Aceh Dr. Yusrizal M. Si, Sekretaris Dinsos Aceh, Kadis sosial Aceh Tengah Ishak,kepala Dinas Se Aceh, Dosen UIN Dr Sabirin, Dosen USK Masrizal operator Se Aceh, Karang Taruna Kabupaten Aceh Tengah, Korwil PKH, Dan Para Tamu Undangan. 

Madani Mukthar sebagai ketua panitia pelaksana Kegiatan mengatakan selamat datang rekan rekan dari seluruh, laporan tema kegiatan "membangun sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten terhadap pengelolaan  data kesejahteraan sosial Aceh".

Dan kita undang langsung Tim Teknis dari kementerian sosial untuk memberikan paparan di acara ini dan informasi yang kita mereka sudah di Banda Aceh berangkat langsung ke Aceh Tengah "Kota Dingin Gayo".

Peserta kegiatan para pejabat Supervisor dari dinas sosial seluruh sosial, korwil PKH, Para staf penanganan sosial dan ada permintaan khusus dari kepala dinas sosial kabupaten/Khusus untuk bersilahturahmi dengan kepala Dinas Sosial aceh. 

kepala Dinas Sosial Aceh Dr Yusrizal M. Si Menyampaikan Terima kasih buat ketua panitia madani mukthar yang sudah memaparkan laporan kegiatan dan Tim pelaksanaan kegiatan. 


Selamat datang tamu istimewa Dosen Uin Sabirin dan USK masrizal sebagai pemateri di acara rapat dan evaluasi ini dan semoga mendapat pembelajaran dari kegiatan  yang di laksanakan selama 4 hari ini. 


Kegiatan kita hari berkaitan dengan PDKS, adalah pelaksanaan kegiatan apa yang menjadi tugas dan tanggung kita dalam jalur sosial, kita punya tugas Terkait data atau pesertaan yang lakukan dengan profesional. 

Para peserta harus bertanggung jawab, amanah dan profesional terhadap para pihak dan objek yang kita layani Terkait data Pengelolaan Data Kesejahteraan Sosial dan tepat sasaran dan Data Yang Baik, data yang berkualitas terhadap perencanaan dan perbaikan sangat memudahkan dalam proses pendataan.

Asisten II Harun Manzola Mewakili Pj Bupati T. mirzuan mengatakan Selamat Datang kepada Peserta acara Rapat dan evaluasi Di Kabupaten Aceh Tengah Kota Dingin Takengon. 

Mengatakan salam dari pak pj rapat koordinasi seluruh kepala daerah dengan pj gubernur Aceh dan selamat datang di kota dingin ini


Kabupaten Aceh Tengah terdapat 295 kampung 14 kecamatan dan sumber pendapatan Aceh Tengah terdiri dari petani kebun, petani palawija, peternak, PNS, polri, TNI dan yang terbanyak petani kopi, kopi gayo sudah terkenal di manca negara dengan sebutan kopi arabika Gayo. 


Kita tidak memberi kesempatan kepada perusahaan besar untuk mengelola kebun kopi dan membiarkan masyarakat membuka kebun kopi dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan menjadi buruh di kebun sendiri. 


Dinas sosial kabupaten Aceh Tengah terintegrasi dengan memiliki SLRT(Sistem Layanan dan Restigrasi Terpadu) dan hambatan kami di lapangan inklut Eror data internal dan masih ada kelurga mampu masih menerima bantuan dalam Arti belum tepat sasaran. 


Inklut error Data keluarga miskin  tak mampu belum masuk data Terpadu, saya pernah menjadi kepala dinas sosial selama 1 tahun setengah, sulit memdata yang layak dapat siapa, dan sulitnya itu ada tekanan tekanan sekira semua kabupaten sama seperti disini. 


Data Terpadu  kabupaten Aceh Tengah mencapai 113.804 jiwa sekitar 38 persen dan hampir mencapai 50  persen dan data ini update Januari 2023 dan data ini terus bertambah. 

Data PDTKS ini di bantu oleh relawan relawan kemanusiaan dinas sosial yaitu TPSK, BSM, Operator PKH, Karang Taruna Aceh Tengah. 

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Saya Mewakili Pj Bupati Aceh Tengah T. mirzuan "Kegiatan Acara Rapat Dan Koordinasi Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Resmi Saya Buka".(**)

Editor : Riga Irawan Toni