Selasa, 23 Mei 2023

Kadis Kesehatan Aceh Tengah,dr.Yunasiri,M,Kes.Bersama Kepala Puskesmas Isaq Dheni Wiraguna,SKM,M,Kes,Respons Cepat Keberadaan Iqbal Lumpuh Di Kampung Mungkur.

Tags

Kadis Kesehatan Aceh Tengah,dr.Yunasiri,M,Kes.Bersama Kepala Puskesmas Isaq Dheni Wiraguna,SKM,M,Kes,Respons Cepat Keberadaan Iqbal Lumpuh Di Kampung Mungkur.
BN Online ; Aceh Tengah-Iqbal Pradana sejak umur 3 bulan sudah menderita kejang-kejang samai umur 9 tahun saat ini,
Disampaikan kemedia ini,23/5/2023. 
pada hari Senin 22 Mai 2023 sekitar jam 17.30 Kepala Dinas bersama Tim Kesehatan Puskesmas Linge tiba di desa mungkur untuk melihat penderita lumpuh yang sudah dialaminya sejak umur 2 tahun sampai umur sekarang 9 Tahun. 

riwayat sebelumnya IQBAL Pradana orang tua dari Sarmin dan Ibu Saraiyah, menjelaskan pada umur 3 bulan sudah  menderita sakit dan kejang2 sampai umurnya sekarang 9 tahun dan secara fisik tidak menunjukkan adanya perkembangan.

Kepala Dinas kesehatan bersama tim kesehatan puskesmas Linge melihat secara langsung pasien tersebut. keterangan yang diperoleh secara langsung dari orang tua, mereka tinggal dari tahun 2017 didesa mungkur tetapi belum menetap karena belum mengurus surat pindah yang sebelumnya berasal dari Kabupaten Aceh Timur Peurlak Kampung Penarun. Menetap sekitar 2 Tahun yang lalu,

selama Iqbal Pradana sakit, keluarga sudah pernah membawa si penderita ke rsu Lhoksemawe dan di rujuk ke RSU Zainal Abidin.  karena keterbatasan ekonomi, orang tua tidak membawa lagi untuk berobat. Sampai  akhirnya pindah dan menetap di  Kampung Mungkur Kecamatan Linge orang tua penderita tidak pernah membawa si penderita ke Puskesmas apalagi ke Posyandu.  Kami dari Puskesmas sangat prihatin atas kejadian ini karena kurangnya perhatian orang tua untuk berusaha  membawa anaknya untuk berobat sangat kurang, sehingga terkesan menutup nutupi. Pada hari ini selasa 23 mai 2023, atas instruksi Kadis Kesehatan dr.Yunasri,  M. Kes.  kami akan berencana memfasilitasi penderita untuk berobat ke dokter Spesialis Anak untuk penanganan lebih lanjut.

Kepala Puskesmas Isaq Dheni Wiraguna,Kami berpesan keseluruh lapisan masyarakat kalau ada anggota keluarga Bapak,  ibu anak,  kakek nenek maupun datu yang sakit untuk tidak ragu2 membawa berobat ke Puskesmas Terdekat sehingga penyakitnya dapat di tangani lebih lanjut. Dalam ajaran agama islam kita disuruh untuk
berikhtiar/berusaha yang menyembuhkan tetap kita kembalikan kepada Allah SWT,pungkasnya.

Orang tua Iqbal Pradana mengucapkan sangat berterima kasih banyak kepada Kadis Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah dan kepala Puskesmas Isaq yang akan memfasilitasi pengobatan anaknya,dan kami tidak dapat membalasnya melainkan kami sekeluarga menyerahkan kepada Allah SWT,semoga pak Kadis kesehatan Aceh Tengah dan Kepala Puskesmas Isaq selalu dalam lindungan Allah SWT,tetap sehat serta keluarga,Amiin,


Penulis : Aharuddin
Editor.   : Riga Irawan Toni