Rabu, 08 November 2023

SD Hang Tuah Peringati HUT Kota Makassar ke-416 Tahun 2023 dengan Parade Baju Adat


BN Online, Makassar - Sekolah Dasar (SD) Hang Tuah di Kota Makassar merayakan ulang tahun Kota Makassar yang ke-416 dengan penuh semangat. Hari ini , para siswa dan guru SD Hang Tuah menggelar Parade Baju Adat yang spektakuler di sekitaran sekolah.



Perayaan ini menjadi momen bersejarah bagi warga Makassar, karena tahun 2023 menandai usia 416 tahun Kota Makassar yang kaya akan sejarah dan budaya. Sejak pagi, sekitar pukul 07.00 siswa-siswa SD Hang Tuah telah bersiap dengan baju adat yang mewakili beragam etnis dan budaya yang ada di Makassar.


Di bawah bimbingan para guru yang berpakaian adat ikonik, para siswa berjalan secara teratur dan rapi bersama-sama di jalanan sekitar sekolah. Mereka mengenakan baju adat Sulawesi Selatan yang mempesona, lengkap dengan aksesoris tradisional seperti songkok, sarung, dan hiasan rambut khas.


Parade ini tidak hanya menjadi perayaan semata, tetapi juga sebuah penghormatan terhadap warisan budaya Makassar. Para siswa menjalani latihan khusus untuk memastikan bahwa parade ini berjalan lancar dan memukau. Mereka menunjukkan semangat kebersamaan dan rasa cinta mereka pada kota yang telah berkembang selama 416 tahun ini.




Kepala Sekolah SD Hang Tuah, Arpin, S.Pd.,MPd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk suka cita para siswa dalam merayakan hari jadi Kota Makassar yang ke 416 tahun 2023 ini. Selain itu melalui parade ini, secara tidak langsung memberikan pendidikan kepada siswa siswi SD Hangtuah bahwa Kota Makassar adalah Kota yang menghargai keberagaman karena penduduknya yang multi etnis.


 "Perayaan ini adalah cara kami untuk merayakan sejarah panjang Kota Makassar dan mengajarkan kepada siswa kami tentang nilai-nilai budaya yang kaya. Kami berharap perayaan ini dapat menginspirasi generasi muda untuk menjaga dan mempromosikan warisan budaya kita, kita hidup berdampingan dengan saudara-saudara kita dari suku yang berbeda, namun kita semua hidup dalam kedamaian dan kerukunan di kota kita tercinta, Kota Makassar," imbuh Arpin dalam sebuah wawancara dengan awak media.


Parade Baju Adat SD Hang Tuah juga disambut antusias oleh warga sekitar dan para pengguna jalan yang menyaksikannya. Mereka memberikan tepuk tangan meriah dan banyak yang mengabadikan momen ini dengan kamera ponsel mereka.


Perayaan ini tidak hanya menggugah semangat nasionalisme tetapi juga memupuk rasa cinta pada budaya dan sejarah setempat. Ini adalah bukti bahwa pendidikan budaya dapat ditanamkan sejak dini, sehingga generasi masa depan akan tetap menjaga dan menghormati warisan budaya yang begitu berharga. Selamat ulang tahun ke-416, Kota Makassar. (Yahya)


Editor: Dellate