Sabtu, 27 Juni 2020

Babinsa Desa Pakava Tetap Setia Berjaga dan Memantau Diperbatasan Sulteng-Sulbar


BN Online, Pasangkayu---Demi memastikan Wilayah tetorialnya kondusif, aman dan terkendali, Babinsa 1427-01/Labuang (Lbg) Serda I Wayan Ariana melakukan pemantauan diwilayah perbatasan yang berada di Desa Pakava, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Fonggal Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (26/06-2020).

Saat diwawancarai, Serda I Wayan Ariana menjelaskan bahwa pemantauan yang dilakukannya untuk memastikan wilayah tetorialnya tetap kondusif, aman dan terkendali. Karena menurutnya, saat ini sejak munculnya Permendagri no 60 Tahun 2018, perbatasan ini sering terjadi polemik.

"Saat ini di Daerah perbatasan ini telah di diami oleh Masyarakat Kabupaten Pasangkayu dan beberapa luasan tanah telah menjadi hak miliknya. Untuk menghindari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencari keuntungan dari persoalan ini, maka saya anggap pemantauan eilayah sangat perlu dilakukan," ungkapnya.

I Wayan Ariana juga menjelaskan, selain pemantauan ia juga melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dirumah seorang Warga di Dusun Putih Mata, Dess Pakava, Bahar. Dari situ ia mendapatkan penjelasan terinci tentang adanya oknum yang mencoba mencari keuntungan dari persoalan tapal batas ini, dimna menurutnya adanya oknum yang mencoba melakukan penyerobotan lahan Warga.

"Hingga saat ini situasi masih aman dan terkendali meakipun beberapa hari lalu sempat terjadi insiden percobaan penyerobotan tanah yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab," jelasnya.

Sekedar diketahui, dalam Komsos bersama Masyarakat, selain Babinsa Desa Pakava Koramil 1427-01/Lbg Serda I Wayan Ariana yang berlangsung dirumah warga Dusun Putih Mata, Bahar, juga turut hadir di antaranya Kepala Dusun (Kadus) Putih Mata Ambo Upe. (E Syam)


Editor : | BN Online | Dny