Minggu, 18 Desember 2016

Ratusan Cupang Adu Kecantikan, Ini yang Dinilai

Tags

Minggu 18 Desember 2016 | 13:00 | Wita

 
BN Oline, Makassar, -- Cupang hias berbeda dengan cupang laga yg selama ini orang kenal. Ikan hias mungil ini pamornya kini kembali digemari mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas, anak-anak hingga dewasa. Dan melalui sebuah wadah yang menamakan dirinya OBM Indonesia (organisasi Betta Makassar)mengkoordinir beberapa kelompok penggiat cupang hias.

Bahkan, ratusan pencinta ikan cupang ini akan menggelar sebuah event  kontes untuk menentukan ikan milik siapa yang terbaik. Seperti yang akan digelar di eks terminal toddopuli makassar minggu (18/12/2016). oleh OBM Indonesia (organisasi Betta Makassar)

menurut Agung selaku ketua panitia dari OBM Indonesia (organisasi Betta Makassar) yang menggelar lomba ikan cupang ini selain untuk mempererat tali silaturahmi, juga sebagai penumbuh minat masyarakat untuk mencintai ikan cupang. “Ini adalah yang pertama di gelar OBM Indonesia (Organisasi Betta Makassar)" ungkap Agung.

"sekitar 400 peserta mengikuti lomba ikan cupang ini untuk adu kecantikan dan diramaikan ikan dari luar Makassar" lanjut ketua panitai Agung Aswir Putra.

Sementara itu ketua asosiasi OBM Achmad Lamo mengatakan bahwa hal ini akan menjadi agenda rutin Komunitas Hobi Cupang Hias OBM Indonesia pada setiap tahunnya.

Di tambahkan kalau penilaian terbagi menjadi empat kategori berdasarkan jenis ekor. Yakni plakat (ekor kecil), half moon (ekor lebar), giant (cupang raksasa) dan crowntail (ekor mahkota/duri).

“Dewan juri yang menilai kami datangkan khusus dari Jogja dan telah diakui profesionalitasnya, dan ada hadiah total Rp 10 juta untuk masing-masing pemenang serta trofi" ungkap pria yang akrab disapa Achmad Gimbal.

Ketua komunitas juga berharap kedepannya pecinta ikan cupang di Makassar dapat lebih berkenbang pesat, swrta dapat bersinergi dalam perkembangan habitat ikan ikan hias.

Sementara itu Heri (35), salah satu peserta sangat senang dapat mengikuti lomba ini. “Semoga acara seperti ini bisa terus ada,” katanya. Dengan memiliki ikan cupang seharga Rp 500 ribu, Heri optimistis, ikan kesayangannya bisa juara.

“Saya suka ikan cupang sudah setahun belakangan ini saya tertarik memelihara ikan cupang karena ikan cupang sangat agresif dan warnanya memukau,” pungkas Heri.(*)

                    EDITOR : BN |SUL-SEL| DNY