Rabu, 01 November 2017

Memukau Tim Penilai IGA 2017, Walikota DP Paparkan Lima Inovasi Strategis Kota Makassar

Tags



BN Online, Jakarta----Walikota Makassar Danny Pomanto memaparkan lima Inovasi Strategis Pemerintah Kota Makassar di hadapan Tim Penilai Indonesia Government Award (IGA) 2017 yang terdiri dari Kemendagri, Kemenristekdikti, Kemenpan, LAN RI dan Kapus Inovasi Daerah dalam Indonesia.

Dari 17 inovasi Kota Makassar yang dikirim melalaui Badan Litbang Kota Makassar terdapat lima inovasi yang menarik atensi para Tim Penilai yakni Makassar ta' Tidak Rantasa (MTR), Lorong Garden, Lorong Sehat, Makassar Home Care dan Dongeng Keliling.Government Award 2017 bertempat di Hotel Acacia, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2017.


Dalam paparannya, Walikota Danny mengawali dari pencanangan gerakan MTR di awal pemerintahannya yang kemudian melahirkan beberapa gerakan masyarakat misalnya, Lihat Sampah Ambil (LISA), MABELO (Makassar Bersih Lorong), MAJURONG (Majukan Lorong), MABASA (Makassar Bebas Sampah), dan AKU & SEKOLAHKU TIDAK RANTASA.

Dari gerakan masyarakat tersebut melahirkan beberapa inovasi seperti Lorong Garden di mana sekitar 65 persen lorong yang sudah tertata dari sekitar 7.520 Lorong yang ada di Kota Makassar.

"Dari Lorong Garden yang sudah dilaksanakan di 15 kecamatan secara swadaya maka lahirlah LONGSET atau Lorong Sehat yang bermanfaat untuk mendidik perilaku hidup bersih dan sehat yang dibarengi dengan Makassar Home Care yang turut memberikan pelayanan kesehatan secara gratis selama 24 jam di Kota Makassar," ujar Walikota Inovatif ini.


Terakhir, manfaat Dongeng Keliling bagi para pelajar menumbuhkembangkan semangat baca dan melestarikan dongeng nusantara bagi generasi muda demi melahirkan generasi cemerlang yang berkarakter lokal.

Tim penilai yang dipimpin oleh Zainal Ariefin Kepala Bidang Pengembangan Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementrian Dalam Negeri yang juga sebagai penyelenggara sekaligus ketua tim penilai Innovative Government Award (IGA) Tahun 2017 memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Walikota Danny atas inovasi dan presentasi yang diimplementasikan kepada masyarakat Kota Makassar secara integrasi dan sistematis dan berharap melahirkan lagi beragam inovasi kedepannya.(*).



Editor : BN | Sulsel | Dny