Jumat, 12 Maret 2021

Perpustakaan UPT SPF SD Inpres Banta-Bantaeng 1 Makassar Persiapan Menuju Akreditasi Nasional



BN Online, Makassar -- UPT SPF SD Inpres Banta-Bantaeng 1 Makassar yang berlokasi di Jl. Monginsidi Baru, Kelurahan Balla Parang Kecamatan Rappocini, Kota Makassar saat ini tengah persiapan menuju Akreditasi Perpustakaan Nasional, Jumat (12/03/2021).


Menurut kepala Unit pelaksana Tehnis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) SD Inpres Banta-Bantaeng 1 Makassar Hj. Baena, S.Pd., M.Pd., dengan perpustakaan bertemakan ceria, cerdas, rajin, inovatif dan aktif akan mendorong minat baca dan belajar peserta didik nantinya.



"Kecerdasan bertambah jika rajin buka buku, rajin membaca, rajin mempraktekkan ilmunya Inovatif belajar, bekerja kreatif menciptakan sesuatu yang baru untuk kepentingan diri dan lingkungan sekitar berdasarkan tata aturan yang berlaku. Aktif belajar dan bekerja untuk bertanggung jawab pada diri dan lingkungannya".


Ia juga mengatakan, salah satu tujuan dari kegiatan akreditasi perpustakaan nasional adalah untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan dan menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan, ucapnya.



"Untuk mencapai perpustakaan akreditasi nasional, maka perpustakaan sekolah harus dikelola sesuai dengan standar nasional perpustakaan sekolah".


Hj. Baena, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, untuk akreditasi ini kami tengah menyiapkan berkas-berkas sebagai pendukung bukti fisik. Berkas sebagai bukti pendukung ini dikelompokkan berdasarkan 6 komponen yang dinilai dalam akreditasi perpustakaan sekolah, yaitu : koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguat.


SD Inpres Banta-Bantaeng 1 Makassar adalah tempat belajar/ menuntut ilmu. Di dalamnya kita belajar bersama bekerja bersama untuk mencapai satu tujuan memajukan pendidikan, mencerdaskan anak bangsa dan menjadi pribadi yang mandiri peduli lingkungan dengan bekal Iman Taqwa yang disertai dengan Imu Pengetahuan Teknologi dan Seni. Semua itu dapat diperoleh dengan cara buka jendela duniamu rajin baca buku. Silahkan kunjungi Perpustakaanmu, Perpustakaan Ceria BB1 UPT SPF SD Inpres Banta Bantaeng 1 Makassar, imbuhnya



Dengan adanya kegiatan akreditasi ini diharapkan ada manfaat yang didapat bagi perpustakaan. Sehingga terjadi peningkatan dan motivasi bagi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk peningkatan kinerja.


Kami berharap, apa yang dikerjakan dalam persiapan menuju Akreditasi Perpustakaan Nasional sekolah ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan. Semoga juga pandemi ini cepat berlalu, sehingga proses pembelajaran akan dilaksanakan secara tatap muka langsung, pungkas Hj. Baena.(ILHO)




(Red)