Jumat, 12 Maret 2021

Presiden Joko Widodo Akan Tinjau Program Festival Vaksinasi Danny-Fatma di Makassar.

Tags


BN Online Makassar, - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diagendakan meninjau pelaksanaan Festival Smart Vaksinasi Coronavirus Disease (COVID-19) di Makassar, Sulawesi Selatan.


"Kebetulan lintasan (agenda kunjungan, red.) Pak Presiden itu dari Toraja langsung singgah di lokasi vaksinasi, maunya dekat dengan Nipa-nipa," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Jumat.


Rencana awal, kata dia, Festival Smart Vaksinasi akan dilaksanakan di pusat kota, dengan dua pilihan pada tempat terbuka, yakni Anjungan Pantai Losari atau di tribun Lapangan Karebosi Makassar. Kendati demikian, urung dilakukan karena pertimbangan cuaca.


"Jadi, tadinya mau di Karebosi atau di Anjungan Pantai Losari, tapi memang risikonya hujan," tutur pria yang akrab disapa Danny Pomanto ini.


Mengenai kepastian peninjauan orang nomor satu Indonesia itu, ia mengatakan sudah mempersiapkan lokasi terdekat dengan beberapa lokasi peninjauan Presiden saat di Sulsel.


"Mau dekat untuk ke Nipa-nipa (agenda peninjauan lain, red.). Berarti jalur dekatnya bandara. Jadi saya mengusulkan (vaksinasi, red.) Hotel Dalton. Sebab lokasinya cukup luas di situ," katanya.


Rencana penggunaan Hotel Dalton di Jalan Perintis Kemerdekaan itu, kata dia, memang tidak jauh dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.


Selain itu, masih sebatas usulan tempat pelaksanaan Festival Vaksinasi.


"Satu kali periksa itu seribu peserta. Cukup luas di sana, dapat itu 'social distancing'-nya. Saya tadi lihat bisalah jaraknya, 1,5x1,5 meter antara kursi," kata dia.


Ditanya apakah informasi kepastian kedatangan Presiden di Sulsel juga dimasukkan agenda Festival Smart Vaksinasi, Danny menyatakan hampir pasti, sebab sudah dihubungi pihak aparat keamanan terkait dengan protap keamanan Presiden.


"Sudah tadi, saya sudah ditelepon setelah rapat dari pihak berwajib untuk mempersiapkan itu. Saya juga diminta lokasi malam ini dan Pak Dirjen datang membahas lokasinya malam ini," ucapnya.


Rencananya, Festival Smart Vaksinasi digelar pada Sabtu (13/3) sebagai awal salah satu poin dalam program Makassar Recover, dalam menekan laju penularan COVID-19.


Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel telah rapat agenda kunjungan Presiden Jokowi di sejumlah lokasi di Sulawesi Selatan pada 18 Maret 2021. Presiden dijadwalkan ke Toraja dan sekaligus meninjau kolam regulasi Nipa-nipa di Moncongloe, Kabupaten Maros.


Kolam Regulasi Nipa-nipa dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kolam penampungan air ini di antara Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, dan Kota Makassar. Selain peninjauan Kolam Nipa-nipa, Pemprov Sulsel juga memasukkan agenda tambahan agar sedianya Tol Layang di Jalan Andi Pangeran Pettarani Kota Makasar ikut diresmikan Presiden.(*)