Selasa, 29 Juni 2021

Pemkab Bantaeng Raih Tiga Penghargaan di HARGANAS ke-28

Tags


BN Online Bantaeng, - Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan, Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Abdi Sam, mengikuti acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual, Selasa 29 Juni 2021.


Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021 dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin dari Istana Wakil Presiden dan dihadiri beberapa Menteri dan Lembaga Negara terkait, diantaranya Menko PMK, Kementerian Kesehatan dan unsur lembaga negara lainnya.


Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan bahwa peringatan Harganas hendaknya dijadikan sebagai momen refleksi akan pentingnya institusi terkecil dalam suatu masyarakat, yakni Keluarga.


“Suatu bangsa atau negara tidak akan memiliki populasi yang produktif apabila keluarganya tidak berkualitas. Generasi penerus bangsa akan lahir dari keluarga-keluarga kecil di Indonesia, oleh karenanya anak-anak harus tumbuh dalam keadaan sehat, cerdas dan kreatif”, ujarnya.


Pada kesempatan itu, Wakil Presiden RI juga menyampaikan peran penting BKKBN sebagai lembaga dengan tugas utamanya melaksanakan pembangunan keluarga.


Pelaksanaan Harganas tahun ini tentu menjadi sangat spesial bagi Kab. Bantaeng karena berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus, antara lain penghargaan tertinggi kepada Bupati Bantaeng yaitu Manggal Karya Kencana (MKK), yang diberikan kepada Kepala Daerah yang dianggap mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di daerahnya.


Selain MKK tersebut, apresiasi yang kedua yaitu Piagam Penghargaan bersama 4 Kabupaten/Kota lainnya di Sulawesi Selatan sebagai daerah kategori Pendataan Keluarga dengan Pencapaian 100% Target KK Terdata "TEPAT WAKTU" 1 April - 31 Mei 2021. Terakhir yakni Juara III Tingkat Nasional Lomba Konten Video Kreatif kepada Penyuluh KB Kabupaten Bantaeng yaitu Saudara Syafriadi, S.Sos. Konten Video yang berdurasi 3 menit tersebut mengangkat pesan-pesan upaya pencegahan stunting secara dini dimulai dari keluarga dan remaja dengan tema "Keluarga Keren  Cegah Stunting"


Ketiga apresiasi dari BKKBN kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng diberikan pada momentum Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021 yang puncak acaranya diperingati pada tanggal 29 Juni setiap tahunnya.


Turut hadir pada kesempatan tersebut antara lain Sekretaris Dinas PPKB, H. Abdul Rasyid, Kabid Pengendalian Penduduk Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga H. Tabbulu, Kabid KB Penyuluhan dan Penggerakan Sahruddin Dg. Rido, serta Kasi Pengendalian Penduduk Data dan Informasi Keluarga Fahmi Kurniawan.


Editor : Edhy BN