Selasa, 24 Mei 2022

Pangdam Hasanuddin : Pahami Tugas Sebagai Prajurit Teritorial

Tags


 

BN Online, Takalar - Pangdam  Mayjen TNI Andi Muhammad, SH, MH, Disertai Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin Ny. Amelia Andi Muhammad melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kodim 1426/Takalar Kab. Takalar. Selasa (24/05/2022).


Pada kunker ini Pangdam memberikan pengarahan kepada prajurit, PNS, Ibu Persit Kodim 1426/Takalar serta 3 Pilar (Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa).


Turut hadir Kapoksahli Brigjen TNI Andi Kaharuddin, SIP, MM, Danrem 141/TP Brigjen TNI Djashar Djamil, SE, Wakil Bupati Takalar Achmad Dg Se're, S.Sos., Asren Kolonel Arm Erland Hendriatna, SIP, Aslog Kolonel Kav Topri Daeng Balaw, SIP, Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, SH, Kasiopsrem 141/ TP Kolonel Inf Sukirman, Dandim 1426/Takalar Letkol Inf Catur Witanto, M.Si., M.Tr (Han), Kapolres Takalar AKBP Gotam Hidayat, Dandenintel Letkol Inf Rachmat Yunus, S.Sos., dan Sekda Kab. Takalar H.Muhammad Hasbi. 


Pangdam dalam pengarahannya mengatakan, bahwa satuan komando kewilayahan (Satkowil) Kodim 1426/Takalar memiliki tugas pokok yang menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk mempersiapkan wilayah pertahanan dan menjaga keamanan wilayah.


"Harus disadari dalam melaksanakan keberhasilannya ditentukan oleh keberhasilan Apkowil dalam berkoordinasi serta bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Polri, Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda serta Steakholder terkait lainnya," Tutur Pangdam. 


"Kita patut bersyukur bahwa Kodim 1426/Takalar selama ini telah mampu melaksanakan tugas dan kemampuan dengan baik, hal ini terbukti dengan situasi dan kondisi di wilayahnya relatif aman dan kondusif," Sambungnya. 


Jenderal bintang dua ini berharap kondisi Kab. Takalar yang sudah stabil untuk dipertahankan dengan mengoptimalkan pelaksanaan tugas di lapangan. 


"Oleh karena itu, saya berharap kondisi yang stabil harap dipertahankan dengan mengoptimalkan pelaksanaan tugas di lapangan secara intens berkomunikasi bersinergi bersama semua komponen terkait guna menumbuhkan dan memberikan rasa aman di tengah masyarakat," Harapnya. 


"Selain itu, saya ingatkan kepada Prajurit dan keluarga harus cerdas dan selektif untuk membangun citra positif satuan, dalam hal ini terkait penggunaan media sosial agar bijak sehingga terhindar dari pelanggaran yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan," Pesan Mayjen Andi. 


Di akhir pengarahannya Mayjen Andi menekankan kepada prajurit Kodim Takalar, untuk mampu berinteraksi dengan masyarakat dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku adat istiadat di daerah. 


"Saya kepada prajurit Kodim Takar, sebagai tentara rakyat harus berinteraksi dengan masyarakat dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku adat istiadat di daerah," Ungkapnya. 


Sebagai aparat kewilayahan menampilkan perilaku yang dapat dicontoh dan diteladani dalam rangka memberikan rasa aman serta mengayomi, sikap demikian tentunya akan menimbulkan simpati dari masyarakat dengan menunjukkan sikap profesional prajurit dalam mengemban tugas pokok satuan," Tutupnya (*/Nasution)