Senin, 06 Juni 2022

Pelaksanaan Kegiatan Long March dan Jurit Malam Calon Pegawai Negeri Sipil Angkatan 2021 yang diikuti oleh 5 Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan

Tags


BN Online Bantaeng,-- Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bantaeng melaksanakan kegiatan Long March dan Jurit Malam dalam rangka pembentukan fisik dan mental  bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Angkatan 2021,Sabtu 04 Juni 2022


Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Calon Pegawai Negeri Sipil dari Lapas Kelas II A Bulukumba, Lapas Kelas II B Takalar, Rutan Kelas II B Jeneponto dan Rutan Kelas II B Sinjai yang sebelumnya telah melakukan diskusi internal antar Kepala Unit Pelaksana Teknis bersama Jajaran Panitia Long March dan Jurit Malam Rutan Kelas II B Bantaeng. 


Adapun pada pelaksanaan tersebut dimulai dengan pelajaran di dalam kelas terkait penguatan tentang tugas dan fungsi petugas pemasyarakatan yang dibawakan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sul-Sel, Bapak Suprapto, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bulukumba, Bapak Mutzaini dan Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bantaeng, Bapak Ince Muh. Rizal. 


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang PBB (Pelajaran Baris Berbaris) oleh Kepala Rutan Kelas II B Jeneponto, Bapak Hendrik dan Kepala Rutan Kelas II B Sinjai, Bapak Muhammad Ishak. 


Pukul 20:00 WITA, kegiatan Long March dan Jurit malam dibuka oleh Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng. Adapun jarak perjalanan yang ditempuh, kurang lebih 13km dengan rute sebagai berikut : 


Rutan Bantaeng – Jalan Elang – Jalan Merpati – Jalan Lingkar – Kantor Lurah Tala tala – Lokasi Kebun Rutan – Toko Yamaha Bantaeng – Jalan Poros Bantaeng – Sawah Kaili – Jembatan Putus Kaili – Rutan.


Sebagai bentuk pengamanan, Kegiatan tersebut dikawal langsung oleh bantuan personil dari Polres Bantaeng dan Babinsa Koramil setempat yang mengikuti perserta dari awal sampai akhir kegiatan. 


Kepala Unit Pelaksana Teknis dari Lapas Kelas II A Bulukumba, Lapas Kelas II B Bulukumba, Rutan Kelas II B Jeneponto, Rutan Kelas II B Bantaeng dan Rutan Kelas II B Sinjai turut serta mengikuti peserta dari awal sampai akhir perjalanan.


Pada Rute tersebut, terdapat 5 (lima) POS yang telah disiapkan oleh panitia berisikan kegiatan yang bertujuan untuk melatih kecerdasan (daya ingat), fokus, kerjasama, ketangkasan, fisik dan mental bagi Calon Pegawai Negeri Sipil. 


Adapun keterangan POS tersebut adalah sebagai berikut : POS 1 : Kecerdasan (daya ingat) (Lapangan Tala tala),POS 2 : Fisik dan Mental (Area Perkuburan Tanah Rutan)

POS 3 : Fisik dan Mental (Area Perkuburan Tanah Rutan)POS 4 : Ketangkasan (Area Persawahan Kaili),POS 5 : Kerjasama (Jembatan Putus Kaili).


Kegiatan berakhir dengan finish kembali ke depan Rutan pada pukul 04:00 WITA, peserta kemudian diarahkan untuk mengganti pakaian, makan, dan melaksanakan Sholat Subuh, kemudian penutupan pada pukul 05:10 WITA. 


Seluruh bentuk kegiatan telah didokumentasikan untuk diupload ke sosial media dan media online, juga akan dibuatkan laporan tertulis pelaksanaan kegiatan sebagai bentuk pertanggung jawaban ke Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan. 


Editor Edhy Bidik Nasional