Rabu, 20 Juli 2022

Bincang Ke-23 PKKG Bahas Sastra Lisan Gayo,Kekeberen,Pemateri Dr.Asdiana.

Tags

Bincang Ke-23 PKKG Bahas Sastra Lisan Gayo,Kekeberen,Pemateri Dr.Asdiana.
BN Online ; Aceh Tengah-Pusat Kajian Kebudayaan Gayo menggelar kegiatan bincang ke-23. “Alhamdulillah, sudah perbincangan ke-23, selama tiga bulan tiga minggu. Ini tema baru, sastra lisan Gayo. Sebelumnya, dibincangkan soal budaya, sejarah, seni, kopi, bahasa, kuliner, keanekaragaman hayati, alat musik tradisional, dan busana orang Gayo, secara berseri,” kata Yusradi Usman al-Gayoni, Ketua Pusat Kajian Kebudayaan Gayo, Rabu (20/7/2022). 


Diungkapkan Konsultan Kajian Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) Pengelolaan dan Pelestarian Warisan Budaya Dataran Tinggi Gayo-Alas (Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Bener Meriah) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI tahun 2019 itu, selain membahas sastra lisan Gayo secara umum, nantinya, akan dibahas masing-masing sastra lisan yang ada di Dataran Tinggi Gayo, seperti didong, sebuku, dan sastra lisan Gayo lainnya. “Biar mendalam dan semakin memperkaya pembahasan tentang sastra lisan Gayo khususnya. Juga, memberikan gambaran, betapa kayanya Gayo, yang dilihat dari berbagai sisi dan banyak pendekatan,” ujar Yusradi. 


Seri perdana perbincangan sastra lisan Gayo, sambungnya, dibahas tentang kekeberen. “Kekeberen merupakan salah satu sastra lisan Gayo. Saat ini, orang tua di Gayo sudah mulai kurang berkekeberen. Sebaliknya, sudah digantikan televisi dan gawai. Anak-anak juga sudah mulai kecanduan nonton TV dan gawai. Padahal, kekeberen penting buat pertumbuh-kembangan anak,” pungkasnya. 


Oleh sebab itu, aku pendiri sekaligus pengelola Perpustakaan Gayo tersebut, mulai dibincangkan soal kekeberen. “Dinarasumberi akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon, Dr. Asdiana, M.A. Ibu Asdiana merupakan peneliti kekeberen untuk tugas akhirnya, disertasi. Juga, menulis buku Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kekeberen,” sebut Yusradi. 

Bincang Kekeberen Pusat Kajian Kebudayaan Gayo akan digelar pada hari Jumat malam (22/7/2022), mulai pukul 19:30 WIB, melalui Zoom Meeting dan digelar secara terbuka. Lebih lanjut, bisa diikuti melalui tautan Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/86519282917?pwd=cVhrUnVXell5Yi9pdWU4aExEbjdKQT09, Meeting ID: 865 1928 2917, dengan Passcode: 004473

Penulis : Aharuddin.
Editor    : Riga Irawan Toni