Kamis, 29 Desember 2022

Masyarakat Kampung Linge, dan pemerintahan desa, jugak lembaga hutan desa Tanam Aren,Jengkol,Buah Pala,dan Kulit Manis.

Tags

Masyarakat Kampung Linge, dan pemerintahan desa, jugak lembaga hutan desa Tanam Aren,Jengkol,Buah Pala,dan Kulit Manis.
BN Online ; Aceh Tengah-Penghijauan Keselamatan Lingkungan,masyarakat kampung Linge Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah,menanam 500 pohon,jenis Aren,Jengkol,buah pala dan kayu manis disampaikan ke media ini 29/12/2022.

Menurut Adong Linge sapa'an sehari-hari, jugak ketua kelompok HUTAN DESA CAHYA NENGGERI tanaman jengkol ini merupakan banyak manfaat disamping penghijauan lingkungan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat hal ini dapat di buktikan jengkol dapat menghasilkan pundi-pundi uang,sebab pohonnya bisa berbuah dan laku dipasarkan,ucapnya.

Di lanjut adong jugak sampaikan, pohon Aren juga sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,ia banyak manfaat katanya,mulai dari daun,buah,batang,juga bisa membuat gula merah yang sangat pepuler di dataran tinggi Gayo,karena itulah peluang meraih sukses berbudidaya pohon Aren,paparnya.

Kayu manis menurutnya dapat di olah menjadi bentuk potongan maupun bubuk untuk bumbu masakan,menjadi minyak Atsiri maupun menjadi oleoresin.
Ayo selamatan hutan,demi anak cucu, ayo tanam pohon aren, pohon jengkol dan buah pala, dan kulit manis,, semoga bermanfaat di kemudian hari,

Penanaman ini akan berkelanjutan target capaian 5000 pohon buah buahan guna penghijauan dan peluang penambahan peluang pendapatan,, yang akan di bagikan bibit - bibit tersebut ke seluruh warga desa Linge untuk di tanam di lahan masing - masing.
Tutupnya

Penulis : Aharrudin
Editor    : Riga Irawan Toni