Senin, 10 April 2023

Babinsa Dampingi Petani Memberikan Pupuk Non Organik Pada Tanaman Kopi.

Tags

Babinsa Dampingi Petani Memberikan Pupuk Non Organik Pada Tanaman Kopi.
BN Online ; Takengon- Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 10/Celala  Pratu Jemi Tarigan  merupakan salah satu bentuk pendampingan kepada petani, dan memberikan pupuk pada batang kopi  bertempat didesa kuyun lah kec celala  kab Aceh Tengah.senin (10/04/23).

Babinsa Pratu Jemi Tarigan mengatakan sebagai aparat wilayah secara rutin akan menjaga stabilitas pertumbuhan tanaman agar tetap maksimal, serta diikuti dengan pemberian pupuk pada tanaman kopi.

Tanaman kopi tersebut perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dari nol tahun  sampai bisa dipanen tetap dilaksanakan perawatan minimal 3 bulan sekali.

Dalam pemberian pupuk kandang ini berasal dari limbah kulit kopi juga keuntungan nya pertama sekali tanah tetap subur dan awet tampa modal yang harus kita keluarkan karena bahan tersebut kita dapat dari kebun sendiri maupun dari pembeli gelondogan kopi kita hanya menyiapkan goninya saja" ucapnya".

Sementara, Danramil 10/Celala Letda Inf Reduan mengatakan Dalam pendampingan dan pengawalan seperti yang dilakukannya Babinsa ini bertujuan untuk meringankan beban kerja para petani serta mempercepat pertumbuhan tanaman kopi tersebut sehingga dapat meningkatkan hasil panen nanti." Ungkapnya".


Editor : Riga Irawan Toni