Kamis, 25 Mei 2023

Dandim 0106/Ateng Bersama Forkopimda Aceh Tengah Dan Bener Meriah Sambut Pangdam Iskandar Muda

Tags

Dandim 0106/Ateng Bersama Forkopimda Aceh Tengah Dan Bener Meriah Sambut Pangdam Iskandar Muda
BN Online ; Takengon- Dandim 0106/Ateng, Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo S.E., M.Han Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Ateng-BM, sambut hangat kedatangan Panglima Daerah Militer Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P., didampingi Ketua Persit KCK Daerah IM Ny. Iin Novi Helmy Prasetya beserta rombongan bertempat di pendopo Bupati Aceh Tengah.Rabu (25/05/23)

Kunjungan Pangdam Iskandar Muda beserta rombongan tersebut di sambut dengan mengenakan kain selendang Upuh Ulen-ulen (kain kas bermotif kerawang Gayo) dan disambut juga dengan tari guel sebagai tamu kehormatan kemudian Pangdam dan Ibu diantar menuju ke Aula Pendopo untuk melaksanakan acara Peusejuk atau tepung tawar yang menjadi tradisi daerah dataran tinggi gayo sebagai penghormatan dan memuliakan tamu. 

Dalam Sambutan Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. Teuku Mirzuan, MT menyampaikan izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas kunjungan dari bapak Pangdam Iskandar Muda Mayor Jendral TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P.,M.I.P beserta istri dan rombongan, semoga silahturahmi ini dapat mempersatukan dan mempererat tali persaudaraan

Dimana Aceh Tengah/ Bener meriah merupakan satu Daerah yang terletak di dataran tinggi Gayo berjuluk Negeri diatas awan, Negeri Antara yang diapit seribu bukit, dihiasi kemilau Danau Laut Tawar dan hijaunya hamparan kopi sebagai lambang kesejahteraan warga Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah" Ungkapnya".
Pemutaran Profil Pangdam IM dan pengenalan program I'M Jagong, kemudian dalam Sambutan Pangdam IM, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya S.I.P.,M.I.P menyampaikan saya merasa bangga dan bahagia berada di dataran tinggi Gayo ini dikarenakan tradisi penyambutan yang sangat lues dan sangat berbeda dengan daerah lain, sekarang saya dan keluarga sudah menjadi bagian dari masyarakat Gayo yang menandakan hubungan persaudaraan, sehingga merasa  terharu apalagi lambang gajah putih yang dikenakan berasal dari negeri ini tentunya mumbuat keluarga besar Kodam Iskandar Muda suatu kebanggan tersendiri demi kejayaan masyakat Aceh khususnya." Ucapnya".

Lanjutnya, Kodam Iskandar Muda terus berpihak kepada rakyat dan masyarakat, dikarenakan angka kemiskinan masyarakat di Provinsi Aceh masih tinggi, dengan itu pada 17 Ramadhan lahirnya program I'M Jagong akan dibagikan ke masyarakat karena banyak lahan tidur dengan itu Program I'M Jagong memiliki tujuan yang sangat penting di Prov. Aceh. Dalam konteks ini, penanaman jagung dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan produksi pangan dalam rangka mencapai kemandirian pangan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, mengatasi stunting, serta mensukseskan program lumbung pangan nasional.

Dimana program I'M Jagong ini  dilakukan riset dan pengumpulan data mengenai kondisi tanah untuk menentukan lokasi tanam awal. Setelah itu guna mendukung program ini juga dilakukan langkah bersama dengan Pemerintah Daerah dan dinas, serta langkah terpenting Kodam IM dalam mendukung kelancaran program I'M Jagong ini untuk dapat meningkatkan produksi jagung secara signifikan dan membantu mencapai kemandirian sektor pertanian dan industri di wilayah Prov. Aceh." Katanya".

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut tampak hadir Pangdam IM, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya S.I.P.,M.I.P beserta Ketua Persit KCK Daerah IM Ny. Iin Novi Helmy Prasetya, Kapok Staf Ahli Kodam IM, Brigjen TNI Ruly Chandrayadi, SH.,MH, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, SH Asintel Kasdam IM, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunte, S.Sos, Asops Kasdam IM, Kolonel Inf Andriyanto, S.E, Aster Kasdam IM, Kolonel Inf Deni Gunawan, Aslog Kasdam IM, Kolonel Kav Yudi Prasetyo, Dandeninteldam IM, Letkol Inf Laode Iril Syahdar., Kasmin Pangdam IM, Mayor Inf Fachrul Yuza, S.H.,M.I.P, Forkopimda Aceh Tengah/Bener Meriah, Ketua Adat Gayo Kab. Aceh Tengah, Ir. Tagore Abubakar dan para tamu undangan.

Editor : Riga IrawanToni