Jumat, 26 Mei 2023

Gelar Garjas Priodik, Kodim 0106/Ateng Cek Kemampuan Prajurit

Tags

Gelar Garjas Priodik, Kodim 0106/Ateng Cek Kemampuan Prajurit
BN Online ; Takengon- Tes kesegaran jasmani merupakan program dari Komando atas, yang bertujuan untuk mengecek sampai dimana kemampuan fisik para prajurit TNI AD Khususnya Kodim 0106/Ateng, sehingga dalam pelaksanaan tugas pokok kedepan dapat berjalan lancar dan maksimal. dilaksanakan di lapangan musara alun.jumat (26/05/33).

Pelaksanaan Tes Garjas periodik I TA 2023 ini meliputi Tes Kesegaran “A” yaitu melaksanakan Lari Dengan Waktu 12 Menit dan Tes Kesegaran “B” meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Lunghes durasi waktu 1 menit serta Shuttle Run.Selain itu, juga dilaksanakan Tes Ketangkasan berupa Renang Gaya Dada jarak 50 meter.

Sebelum melaksanakan Tes Garjas, seluruh peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan, dengan melakukan  tensi dan denyut nadi, untuk memastikan bahwa para peserta siap melakukan Tes Garjas.serta melaksanakan peregangan  agar tidar terjadi kram pada saat pelaksanaan Garjas.
Pada pelaksanaan Tes Garjas tersebut diawasi langsung oleh tim Jasmani Korem 011/lilawangsa, yang dipimpin oleh Serma Sutrisno  selaku Bintara Jasmani Korem 011/Lilawangsa.

Dilain tempat Dandim 0106/Ateng, Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo S.E., M.Han
mengatakan, tes kesegaran jasmani bagi setiap prajurit merupakan suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan dan merupakan sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam priodik, usul kenaikan pangkat dan Seldik dengan pencapaian nilai yang memenuhi kriteria menurut kategori umur prajurit, baik dalam latihan program, maupun seleksi berbagai pendidikan di lingkungan TNI.

Pembinaan dan kemampuan prajurit, khususnya bidang jasmani adalah modal dasar bagi setiap anggota TNI. selain itu juga merupakan tanggung jawab perorangan agar selalu mempertahankan dan membina kemampuannya, supaya selalu siap dalam melaksanaan tugas

Dandim berharap setiap prajurit yang melaksanakan kesegaran jasmani sesuaikan dengan ketentuan yang berlaku serta perhatikan faktor keamanan, sehingga dapat mencegah terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan dalam pelaksanaan tes kesegaran jasman” Ungkap Dandim 0106/Aceh Tengah

Editor : Riga IrawanToni