Rabu, 24 Oktober 2018

Kelurahan Bangkala Gelar Pengajian Lorong Di Lingkungan RT 02, RW.06

Tags

Rabu, 24/10/2018 05:54

Kegiatan pengajian lorong digelar di RT 02.RW 06 Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala, Rabu  24/10/2018.15,30

BN Online Makassar- Pemerintah Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala menggelar kegiatan pengajian lorong di lingkungan RT 02 RW 6 Jalan Muhajirin 2 Kampung Lette, Kota Makassar, Rabu (24/10/2018).


Dalam sambutanya Lurah Bangkala Syahruddin.S,Sos mengatakan pengajian lorong yang digelarnya ini merupakan salah satu dari sekian program pemerintah kota Makassar seperti yang diikuti sejumlah warga RW 06 Ketua RT/RW, serta para tokoh masyarakat setempat.


"Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan makin mempererat silaturahmi antar warga dan pemerintah serta meningkatkan ukhuwah Islamiah dan juga sebagai ajang mensosialisasikan setiap program Pemerintah Kota Makassar," sambung Lurah Bangkala Syahruddin.


Selain itu, program pembinaan lorong dan peningkatan percepatan pembangunan merupakan titik awal yang telah digenjot oleh pemerintah kota makassar sejak awal "Danny" Pomanto Menjadi Walikota, karna dilorong-lorong itu tempatnya warga dan dibesarkan. Olehnya itu saya pribadi mengucapkan bayak terima kasih kepada warga RW 06 telah menyempatkan waktu dalam pengajian lorong.


"Ini merupakan salah satu program Walikota Makassar menyentuh lorong" Tutup Lurah Bangkala diakhir sambutanya.


Ditempat yang sama, Ketua RW 06, H. Syarifuddin mengatakan pengajian lorong adalah salah satu cara membangun silaturahmi. Ini merupakan yang pertama kali diadakan sekaligus menjadi kegiatan didalam kepengurusan RW 06 yang baru dipilih melalui pemilihan RT/RW secara serentak se-kota makassar.


"Kami di RW 06 akan terus berbenah untuk menwujudkan program pemerintah. Yakni Makassar dua kali tambah baik menuju kota dunia," tuturnya.


Kegiatan pengajian lorong tersebut diisi tauziah oleh Ustadz Muhammad Ali. S,Ag. M.Ag. Dia, menyampaikan terkait dengan peningkatkan mental spritual yang dicanangkan oleh pemerintah kota makassar dengan tujuan untuk menyemarakkan lorong-lorong, dan senantiasa menjaga saliturahim pada sesama.


Menurutnya, adapun keutamaan silaturahim yakni :
(1). Merupakan Sebagian dari Konsekuensi Iman dan Tanda-tandanya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (HR. Al-Bukhari no. 5787).


(2). Mendapatkan Keberkahan Umur dan Rizki.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahim.” (HR. al-Bukhari no. 5986 dan Muslim no. 2557).


(3). Salah Satu Penyebab Utama Masuk Surga dan Jauh dari Neraka.

Dari Abu Ayyub al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya seorang laki-laki berkata, “Ya Rasulullah, ceritakanlah kepadaku amalan yang memasukkan aku ke dalam Surga dan menjauhkan aku dari Neraka.” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

”Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan menyambung tali silaturahmi.” (HR. al-Bukhari no. 1396 dan Muslim no. 13).


(4). Merupakan Amalan yang Paling Dicintai Allah dan Paling Utama.

Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, “Ya Rasulullah, amalan apa yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Beriman kepada Allah.” Dia bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau menjawab, “Kemudian menyambung silaturahmi.” (Shahih at-Targib wa at-Tarhib no. 2522). (Sy@h).