Kamis, 11 Maret 2021

UPT SPF SMP Negeri 53 dan Unismuh Makassar Jalin Kerja Sama P2K



BN Online, Makassar -- Unit pelaksana Tehnis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) SMP Negeri 53 bersama Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar jalin kerja sama Program Perkuliahan Karyawan (P2K), Rabu (10/03/2021).


Menurut kepala sekolah SMP Negeri 53 Makassar Drs. Kusnadi Idris, M.Pd., tujuan dari diselenggarakannya kegiatan P2K di sekolah ini adalah untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan akademik dalam segala aspek, agar proses Pendidikan dan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, efisien dan berdaya guna.


Di jelaskan-nya, sebenarnya P2K ini Pengganti KKN. Kalau PPL itu mereka hanya mengajar sedangkan P2K disamping mereka mengajar ke sekolah untuk mengimplementasikan semua ilmu - ilmunya dari kampus, mereka juga ada pengabdian terhadap masyarakat sekitar. Sasarannya 75% mengajar di sekolah dan 25% pengabdian, ujarnya.



Drs. Kusnadi Idris, M.Pd., juga mengatakan, kerja sama P2K Kampus Unismuh sangat bermanfaat juga untuk sekolah ini. Sekitar 12 orang mahasiswa(i) jurusan Bahasa Indonesia dari kampus Unismuh yang melakukan P2K di sekolah SMP Negeri 53 Makassar ini. Mereka di sekolah ini selama ± 2 Bulan lamanya.


"Kerja sama antara Kampus Unismuh dengan SMP Negeri 53 Makassar bukan hanya kali ini saja, tetapi sudah beberapa kali sejak sekolah ini berdiri dan sejak saya di amanahkan menjadi kepala sekolah", imbuhnya.


"Karna saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan mereka berkurang. Mereka kebanyakan hanya mengajar secara Dalam Jaringan (Daring) saja. Hal ini dilakukan sesuai arahan pemerintah proses belajar mengajar secara tatap muka langsung ditiadakan untuk menghindari merebaknya Covid-19", tambahnya.



Saat ini mereka berada di sekolah ini sekitar 2 Minggu. Selama disini, terlihat mereka sudah membuat kegiatan seperti menanam beberapa tanaman. Saya yakin mereka itu sebelum kembali ke kampusnya (Unismuh) akan ada banyak perubahan positif di sekolah ini.


Saya berharap, pandemi ini cepat berlaku. Sehingga proses belajar mengajar kembali dilaksanakan di sekolah secara tatap muka langsung. Semoga, kegiatan P2K mahasiswa(i) di sekolah ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tutup Kusnadi Idris.(ILHO)



(Red)