Sabtu, 10 Juli 2021

PPDB Disdik Sulsel Telah Selesai, Kadisdik : Alhamdulillah Berjalan Aman dan Lancar



BN Online, Sulsel--Pelaksanaan Penerimaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) atau PPDB untuk SMA/SMK dan SLB di Sulsel yang dimulai seja 6 Juni sampai 8 Juli 2021 telah selesai untuk semua jalur.


Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Prof. M. Jufri, mengatakan, pelaksanaan PPDB Sulsel di seluruh kabupaten/kota di Sulsel untuk semua jalur berjalan dengan baik, meskipun diawal pelaksanaan PPDB untuk jalur zonasi menemui kendala yang mengakibatkan server mengalami down sehingga ada masalah pada titik koordinat wilayah saat mendaftar.


Namun, Lanjut Prof. M. Jufri, persoalan tersebut dapat ditangani dengan baik dengan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran PPDB untuk jalur zonasi.


"Dari semua jalur, Alhamdulillah kita bisa selesaikan tanpa ada Kendala, kecuali dalam penerimaan zonasi yang mengalami sedikit pergeseran."


"Sehingga kita mencari solusi dengan berbagai pihak dan Alhamdulillah dengan pertemuan itu kita bisa lanjutkan kembali dan sebagai kompensasi kami dari pihak disdik melakukan penambahan waktu pendaftaran untuk jalur zonasi," ujarnya. 



Khusus di kota Makassar, Prof. M. Jufri, mengaku pendaftaran PPDB online jalur zonasi memang banyak menemui protes. Hal ini, kata dia disebabkan tingginya jumlah peserta PPDB. Sehingga jumlah kouta SMA tidak dapat menampung semua peserta.


"Untuk di Makassar agak sedikit tinggi dinamikanya, karena jumlah peminat yang cukup besar sehingga tidak bisa menampung, sehingga persaingan yang terjadi makin ketat." ke-tiga jalur lainnya, Prof. M. Jufri mengaku, tidak menemui kendala. "Untuk jalur lainnya semua berjalan lancar", jelasnya. 


Sementara itu, Ketua Panitia PPDB online tahun 2021, Idrus mengatakan dari 24 Kabupaten/kota di Sulsel. Kota Makassar, memiliki jumlah peserta didik yang tertinggi. Sehingga persaingan untuk masuk lenih.


Dari 24 Kabupaten kota Di sulsel, memang kota Makassar paling banyak, sehingga wajar saja dari semua kabupaten kota yang ada Makassar yang "ramai kedengarannya" daerah-daerah lainnya," imbuhnya. 


Idrus mengaku segala Persoalan dalam pelaksanaan PPDB online akan menjadi catatan bagi Dinas Pendidikan Sulsel agar Kedepan pihaknya lebih lagi optimal dalam penyelenggaraannya.


“Ini akan menjadi catatan kami, sehingga kedepan jauh lebih baik," tutup Idrus.(*/ILHO)