Sabtu, 17 Juli 2021

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UPT SPF SDN Pongtiku 2 Makassar Gelar Rapat Bersama, Wujudkan Program Guru Penggerak



BN Online, Makassar -- UPT SPF SDN Pongtiku 2 Makassar hari ini menggelar rapat bersama tentang program guru penggerak. Rapat bersama ini dilaksanakan di ruang guru, Sabtu (17/07/2021).


Menurut Nismawati, S.Pd., M.Pd., selaku kepala sekolah, rapat ini dihadiri oleh semua guru penggerak. Rapat ini sangat penting  untuk mewujudkan program guru penggerak agar dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran sehingga melahirkan murid - murid berprestasi, ucapnya. 

 

Dijelaskannya, ada beberapa peran utama guru penggerak, yaitu : menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya, menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah, mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-beingekosistem pendidikan di sekolah, jelasnya. 



Ada 7 manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yaitu :


1. Mengembangkan Kompetensi dalam Lokakarya Bersama.


2. Meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.


3. Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan.


4. Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain yang sama-sama lolos seleksi program guru penggerak.


5. Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak.


6. Mendapatkan komunitas belajar baru.


7. Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak.


Untuk itu, Nismawati, S.Pd., M.Pd., melalui Program Guru Penggerak, pendidik dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru penggerak juga menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.


Tambahnya, semoga dengan adanya rapat bersama ini, program guru penggerak dapat lebih meningkatkan mutu pendidikan dan mutu sekolah demi mewujudkan generasi anak bangsa yang lebih baik, serta dapat mewujudkan visi pendidikan, tutup Nismawati.(ILHO) 



(Red)