Senin, 03 Januari 2022

Menyambut Tahun 2022, SMK Teknologi Balung Tingkatkan Mutu Sekolah Melalui Pendidikan Karakter

Tags


 

BN Online, Jember-- Persaingan mutu sekolah sejatinya persaingan sekolah pula, sebab orang tua calon peserta didik akan menitipkan anaknya pada sekolah yang dinilai bermutu. Salah satu aspek penting mutu yang dibutuhkan para orang tua adalah pembentukan karakter anak didik.


"Di era sekarang yang dimana dunia pendidikan masih berdampingan dengan protokol kesehatan, kami sebagai tenaga pendidik perlu berinovasi untuk tingkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam mendidik karakter siswa-siswi SMK Teknologi Balung" ucap Abu Hasan selaku kepala sekolah SMK Teknologi Balung. Hari ini (03/01/2022) di Jember.


Hal ini sesuai degan tujuan Pendidikan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Berdasarkan hal tersebut, sekolah harus memiliki program yang dapat meningkatkan serta mengembangkan karakter yang baik bagi siswa. 


"Oleh karena itu di tahun 2022 ini, melalui pendidikan karakter di sekolah, siswa menanamkan kebiasaan yang baik sehingga terbiasa melakukannya dimanapun berada. Metode yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan karakter adalah dengan melakukan pengarahan, pembiasaan, keteladanan, penguatan, hukuman. Salah satu program yang mengimplementasikan kebiasaan baik di sekolah adalah budaya sekolah"jelas Kepala SMK Teknologi Balung. 


Merdeka belajar merupakan proses pembelajaran secara alami untuk mencapai kemerdekaan. Diperlukan belajar merdeka terlebih dahulu karena bisa jadi masih ada hal-hal yang membelenggu rasa kemerdekaan, rasa belum merdeka dan ruang gerak yang sempit untuk merdeka. Esensi merdeka belajar adalah menggali potensi terbesar para guru dan siswa untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri. Mandiri bukan hanya mengikuti proses birokrasi pendidikan, tapi benar-benar inovasi pendidikan.


"Selamat tahun baru tahun 2022, mari berfikir yang inovatif bagi para tenaga pendidik, sehingga terwujudlah tujuan pendidikan nasional itu. Mari bersama SMK Teknologi Balung kita ciptakan teknologi untuk akselerasi, keberagaman sebagai esensi, profil pelajar pancasila, kurikulum darurat, karakter pelajar indonesia" imbuh Abu Hasan. 


Reporter: Slamet

Editor: Haidir Sabaruddin