Kamis, 07 April 2022

Pemkab Bener Meriah Raih Predikat SAKIP B & RB CC, Pada SAKIP dan RB Award 2021

Tags

Pemkab Bener Meriah Raih Predikat SAKIP B & RB CC, Pada SAKIP dan RB Award 2021
BN Online ; BENER MERIAH – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah kembali menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Award 2021, di Jakarta, Selasa 5 April 2022 yang dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini mewakili Menpan RB dengan nilai SAKIP B dan Reformasi Birokrasi (RB) CC. Acara SAKIP & RB AWARD 2021 itu digelar secara daring dan luring dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Dimana sebanyak 44 perwakilan dari instansi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota menerima penghargaan secara langsung.

Wakil Bupati  Dailami, yang hadir langsung menyaksikan pagelaran tersebut, terkait tentang nilai SAKIP dan RB, pada acara SAKIP dan RB Award tahun 2021 yang diraih oleh Kabupaten Bener Meriah menyampaikan rasa syukur Alahmdulillah kepada Allah SWT serta ucapan terimakasih kepada Kemenpan RB dan juga terimakasih dan apresiasi kepada seluruh SKPK.

“Alhamdulillah, Kabupaten Bener Meriah Nilai SAKIP dan RB pada tahun 2021 ada peningkatan dari segi Reformasi Birokrasi, sedangkan untuk SAKIP stabil, dimana untuk SAKIP dengan nilai B sama seperti yang kita peroleh pada tahun 2020, sementara untuk RB ada peningkatan, kalau pada tahun 2020 kita memperoleh nilai C untuk tahun 2021 kita mendapat nilai CC,” kata Dailami.

Tambah Wabup, memang setiap tahun, KemenpanRB selalu melakukan evaluasi terhadap SAKIP dan RB terhadap seluruh instansi pemerintah, ini gunanya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB), ucap Dailami."

Lebih lanjut Wabup Dailami mengungkapkan, dengan berhasilnya Kabupaten Bener Meriah mempertahankan nilai SAKIP dan meningkatkan nilai RB dalam pagelaran  SAKIP dan RB Award 2021, ini tentuny tidak terlepas dari keberhasilan yang dicapai dan diraih selluruh ASN Kabupaten Bener Meriah dalam melakukan berbagai inovasi dalam tata kelola pemerintahan, yang berujung kepada  efisiensi dan efektivitas khususnya dalam penggunaaan anggaran, sebutnya."

Kepada Diskominfo Kabupaten Bener Meriah Wabup Dailami juga mengutip apa yang disampaikan oleh Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto, dikatakannya, rata-rata nilai SAKIP pada kementerian/lembaga meningkat menjadi 71,30 dari sebelumnya 70,75, sedangkan untuk pemerintah provinsi menjadi 70,88 yang sebelumnya 70,02, sementara untuk  pemerintah kabupaten/kota menjadi 61,60 dari sebelumnya 60,68. Sementara untuk RB, rata-rata nilai nasional meningkat, dengan rincian 75,65 dari sebelumnya 74,93 untuk kementerian/lembaga, 65,63 dari sebelumnya 64,28 untuk pemerintah provinsi, serta 54,44 dari sebelumnya 53,85 untuk pemerintah kabupaten/kota, ujarnya."

Secara Terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si terkait dengan perolehan nilai SAKIP dan RB yang diraih oleh Kabupaten Bener Meriah menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada seluruh ASN dalam pemerintahan Kabupaten Bener Meriah.

“Syukur Alhamdulillah, dan terimakasih serta apresiasi kepada seluruh ASN Kabupaten Bener Meriah atas kinerjanya selama ini. Kata Sekda, penilaian SAKIP dan RB yang dilakukan oleh KemenpanRB adalah untuk menilai hasil kinerja atau outcome, untuk mewujudkan pemerintahan yang beroritentasi kepada hasil dan berbudaya kinerja dengan sasaran utamanya adalah  kepada kepentingan masyarakat, utamanya masyarakat Bener Meriah,” ungkap Drs. Haili Yoga, M.Si.

Terakahir ditambahkan oleh Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si, menurut apa yang disampaikan oleh KemenpanRB, hingga tahun 2021, ada 1 pemerintah Provinsi mendapat predikat A, 5 Pemprov dan 12 pemerintah Kabupaten/Kota yang mendapat predikat BB, 22 Pemerintah Provinsi dan 127 Pemerintah Kabupaten/Kota mendapat predikat B dan menyisakan 308 pemerintah daerah yang masih mendapatkan nilai CC kebawah. Dengan demikian meningkatnya partisipasi evaluasi reformasi birokrasi dan peningkatan nilai akuntabilitas menunjukkan bahwa komitmen serta keinginan daerah juga semakin meningkat seiring  manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, termasuk yang dirasakan oleh Pemkab dan masyarakat Bener Meriah, tutupnya."

Penulis : (Kiki).
Editor    : Riga Irawan Toni