Minggu, 26 Juni 2022

Lomba Kearifan Lokal ( Tari Guel ) Tingkat SMP/ MTsn Se Kab Aceh tengah Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 76 di Gedung Sanika Satyawada.

Tags

Lomba Kearifan Lokal ( Tari Guel ) Tingkat SMP/ MTsn Se Kab Aceh tengah Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 76 di Gedung Sanika Satyawada.
BN Online ; Takengon -Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari tatanan kehidupan, norma2 yg ada serta sejarah dari masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut.
Didalam Agama juga mengharuskan untuk menghormati tamu, tanpa membedakan Ras, Agama dan  Suku .
Budaya yg bersumber dari Sunnah itulah menjadi tolak ukur didalam menjalankan aturan kearifan Lokal .
Sabtu  25  Juni  2022

Kapolres Aceh tengah Akbp Nurochman Nulhakim, S.IK  mengatakan , Kegiatan Lomba Kearifan Lokal dgn  lomba Tari Guel  yg kita selenggarakan hari ini, dalam rangka menyambut Hut Bhayangkara ke 76 Thn 2022 dan diikuti 
Para Siswa/Siswi SMP/ MTsn Se Kab Aceh tengah  sebanyak 10  Sekolah SMP  sederajat .
Untuk mendapatkan Penilaian bagi peserta tari guel  , sengaja di Undang Tim penilai  berasal dari  Dewan Guru dan Budayawan yg benar benar mengetahui  Tari guel Sebagai Tari Penghormatan kepada tamu,  spt , Sabariah musnaini S.Pd , dari Smk Neg 5 Tkn , Peteriana Kobat sebagai Budayawan , Ahmad Dahlan dari  SD Neg 4 Lut tawar  .

Dari hasil penilaiaan Dewan Juri  Sebagai Pemenang sbb : 
Juara  1 SMP Neg 1 Tkn 
Juara  2 SMP 4 Tkn 
Juara  3 SMP It Al Azhar .

Sedangkan untuk Harapan sbb:
Harapan 1  Mtsn 2 Tkn 
Harapan 2  Mtsn 1  Tkn 
Harapan 3  SMP 42 Tkn .

Kegiatan Lomba yg berlangsung saat itu ,dihadiri juga oleh Kadis Dikjar Drs Uswatuddin ,mewakili dari Kakandepag , dewan guru peserta Tari Guel  serta Pju Polres .


Editor : Riga Irawan Toni