Sabtu, 04 Juni 2022

Sambut Hari Lingkungan Hidup, SDN Bawakaraeng 1 adakan 6 Kegiatan Aksi Lingkungan



BN Online Makassar--Hari lingkungan hidup setiap tahunnya diperingati pada tanggal 5 Juni. Berbagai kegiatan biasanya dilakukan untuk memberikan kampanye dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari.

Begitupun di SD Negeri Bawakaraeng 1, hari lingkungan hidup lebih awal diperingati pada tanggal 4 Juni 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada semua warga sekolah tentang pentingnya terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.



Alphian Sahruddin (Kepala Sekolah) menyampaikan bahwa dalam rangka menyemarakkan peringatan hari lingkungan hidup tahun ini, Bawakaraeng1 melaksanakan 6 kegiatan secara bersamaan dan ditempat yang berbeda.

Pertama, kegiatan Sabtu bersih Sehat. Seluruh siswa dan guru terlebih dahulu melaksanakan olahraga kesegaran jasmani kemudian dilanjutkan dengan melakukan aksi lingkungan membersihkan seluruh lingkungan sekolah, mulai dari dalam kelas hingga pekarangan. Kegiatan ini di koordinatori oleh Bapak Ega (Guru PJOK) dan Ibu Nurbakti (Guru Kelas IV) dibantu oleh rekan guru lainnya.

Kedua, Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di SD Inpres Malengkeri Bertingkat. Kegiatan ini merupakan kegiatan kemitraan dengan Sekolah lain dan bentuk aksi lingkungan bersama. Kegiatan ini diikuti oleh 3 sekolah, SD Inpres Malengkeri Bertingkat sebagai tuan rumah, SD Inpres Andi Tonro, dan SD Negeri Bawakaraeng 1. Pihak Bawakaraeng1 sendiri di wakili oleh Bapak Asrul (Guru Kelas) dan dua Siswanya.

Ketiga, Kegiatan Lomba Menggambar dan Mewarnai yang dilaksanakan Balai Pelestarian Cagar Budaya di Benteng Fort Roterdam. Kegiatan ini di ikuti oleh siswa kelas rendah (1-3) yang didampingi oleh ibu Fatma (Guru Kelas 1) dan ibu Ayu (Guru Kelas 3). Tema yang diusung adalah Mengenali Rempah-rempah di Sulawesi Selatan.

Keempat, Outing Class oleh siswa kelas V. Dilaksanakan di Benteng Fort Roterdam dalam bentuk studi wisata dan kegiatan aksi lingkungan. Kegiatan ini juga bentuk kemitraan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan. Selain aksi lingkungan, para siswa juga berkunjung pada museum dan Pameran Rempah-rempah khas Sulawesi Selatan dan Nusantara. Kegiatan ini dikoordinir oleh Bapak Muhammad Ansyar (Guru Kelas VA) dan ibu Riska Amaliyah (Guru Kelas VB).

Kelima, Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional. Kegiatan ini bermitra dengan Puskesmas Bara-Baraya. Siswa dari kelas 1-5 ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Vaksin imunisasi yang diberikan adalah untuk mencegah Campak dan Rubella. Kegiatan ini di koordinatori oleh ibu Sry (Guru Kelas 2) dibantu oleh guru lainnya.

Keenam, kegiatan pembenahan penataan buku di perpustakaan dalam rangka persiapan akreditasi perpustakaan. Kegiatan ini melibatkan guru dan siswa yang dikoordinir oleh Ibu Novi (Pj. Perpustakaan) dan Ibu Syamsiah (Guru Kelas 3).

Kegiatan ini sengaja kami lakukan, untuk terus menumbuhkan rasa kebersamaan dan juga mewujudkan nilai-nilai peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS). Selain itu mewujudkan konsep Merdeka Belajar yang selama ini terus di implementasikan di Bawakaraeng1, sambung bapak Kepala Sekolah.

Red.