Selasa, 06 September 2022

Dua Kecamatan di Bantaeng Berpotensi Produksi 3,2 ton Kakao per Bulan

Tags


BN Online Bantaeng, -- Pemerintah Kabupaten Bantaeng mulai melakukan penanaman perdana bibit kakao dInii dua kecamatan di Kabupaten Bantaeng, Selasa 6 September 2022. Dua kecamatan tersebut adalah Kecamatan Gantarangkeke dan Kecamatan Tompobulu. 


Bantuan kakao ini adalah program bantuan dari Partai Nasdem Sulsel. Sebanyak 1,2 juta bibit kakao diberikan kepada Pemkab Bantaeng melalui partai Nasdem Sulsel. Bibit kakao yang mulai ditanam itu terdiri dari 181 bibit di Kecamatan Tompobulu dan 225 bibit di kecamatan Gantarangkeke. 


Sekretaris Partai Nasdem Bantaeng, Ahmad Firhun mengatakan, program bantuan 1,2 juta bibit kakao ini tidak terlepas dari peran Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin yang melobi partai Nasdem. Bantuan bibit ini adalah bagian dari program partai Nasdem untuk meningkatkan kesejahteraan petani. 


"Bantuan ini tidak terlepas dari komunikasi yang dibangun oleh pak Bupati kita. Tentu, bantuan ini tidak akan ada di Bantaeng tanpa peran pak Bupati," jelas dia. 


Dia menambahkan, pada tahun sebelumnya, juga disalurkan bantuan sebanyak 600 bibit kakao di beberapa kecamatan di Bantaeng. Bantuan ini juga sudah memperlihatkan hasil yang baik. Dari data dinas pertanian, bantuan bibit ini sudah mulai berbuah dan memberikan hasil untuk petani. 


Dia menyebut, dari 600 bibit kakao yang ditanam tahun lalu, kini sudah ada 2.900 kilogram kakao yang diproduksi. "Kalau dikalikan dengan harga kakao saat ini Rp27 ribu per kilogram, berarti sudah ada Rp7,8 miliar perputaran uang dari petani kakao di Bantaeng," jelas dia. 


Firhun mengatakan, kalau yang ditanam di dua kecamatan ini adalah kakao jenis terbaik yang dipesan khusus. Dia menyebut, kakao ini bisa berbuah dalam usia 13 bulan. Jika telah berbuah, setiap pohon bisa menghasilkan 2 kilogram kakao dengan potensi panen setiap minggu. 


"Jadi sebanyak 406 bibit yang kita tanam di dua kecamatan hari ini, berpotensi menghasilkan 3,8 ton kakao per bulan dalam 13 bulan ke depan," kata dia. 


Dia juga menambahkan, pihaknya sedang merancng sentra fermentase kakao di Bantaeng. Dia menyebut, sentra fermentase kakao ini akan dapat membantu petani kakao untuk meningkatkan pengelolaan kakao mereka. 


Dia juga menyebut, dalam waktu dekat ini, penanaman serentak 1,2 juta bibit kakao di Bantaeng juga akan dilakukan di beberapa kecamatan. Menurut dia, bibit kakao ini sudah akan menghasilkan produksi pada 13 bulan ke depan. 


"Inilah kebaikan-kebaikan yang kami coba komunikasikan dan ditanamkan di Bantaeng. Semoga tahun ini, dan tahun mendatang kita bisa terus membagikan bibit-bibit kakao ini," jelas dia. 


Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memberikan apresiasi kepada partai Nasdem yang tetap komitmen untuk memberikan yang terbaik untuk daerah. Dia mengatakan, apa yang dilakukan partai Nasdem adalah bentuk upaya membangun daerah. 


Dia menambahkan, sektor pertanian dan perkebunan di Bantaeng telah terbukti kokoh meski dalam kondisi apapun. Dia berharap, bantuan bibit kakao ini bisa semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bantaeng. 


"Sebagian besar warga Bantaeng sangat bergantung pada sektor pertanian dan perkebunan. Sektor ini juga terbukti tetap produktif meski masa pandemi Covid-19," jelas dia. 


Dia menambahkan, tanaman kakao juga selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi juga sangat baik untuk menjaga lingkungan sekitar. "Oleh karena itu, pengembangan kakao kedepannya sangat cocok untuk wilayah di Bantaeng," jelas dia.


Sumber Humas Pemda Bantaeng

Editor Edhy Bidik Nasional